Rabu, 16 Oktober 2013

HNP, Go Away and DONT Come Back!

Disclaimer: this post contains a long long story and lots of medical terms. :D

Wiken lalu adalah wiken yang sangat bersejarah dalam hidupku. 
Tepatnya tanggal 11 Oktober 2013 lalu, aku harus menjalani prosedur yang dihindari semua orang: operasi.

Jadi ceritanya berawal dari sakit pinggang (kerennya disebut Low Back Pain atau disingkat LBP), yang sudah kurasakan sejak aku masih koas dulu. Pertamanya sakit ini hilang timbul, kadang terasa, kadang gak..Tapi lambat laun kok sakitnya makin sering. Lalu pada tahun 2008, saat aku sekolah lagi, aku memeriksakan diri ke bagian Rehab Medik RSCM. Kebetulan ada seorang teman yang sedang menjadi residen alias sedang menempuh pendidikan spesialis di bagian tersebut. 
Aku diperiksa oleh konsulen rehab medik (staf pengajar, dokter yang sudah bergelar spesialis), dan dirujuk ke radiologi. Dari hasil interpretasi foto rontgenku, katanya ada penyempitan di diskus antara L4-L5. Aku pun disarankan untuk fisioterapi. 
Buat orang awam mungkin agak bingung, apa sih L4-L5? Aku jelaskan sedikit yah, jangan ngantuk loh...:D 

Tulang belakang kita terdiri dari 33 ruas, mulai dari leher sampai tulang ekor. 

- Bagian leher : Cervical vertebrae (C) terdiri dari 7 ruas. 
- Bagian dada : Thoracal  (T) terdiri dari 12 ruas.
- Bagian pinggang : Lumbal (L) terdiri dari 5 ruas.
- Bagian pinggul : Sacrum  (S) terdiri dari 5 ruas.
- Tulang tungging/ekor terdiri dari 4 ruas yang menyatu.
*foto bisa search di google yaa..*

 Nah L4 artinya Lumbal ke-4, alias ruas ke-4 di bagian pinggang.

Sementara diskus adalah bantalan antara ruas tulang belakang yang berfungsi sebagai shock absorber sehingga tulang belakang kita bisa bergerak fleksibel tanpa bergesekan. Diskus terdiri dari bagian tengah/inti disebut nukleus, dan dikelilingi bagian tepi yaitu annulus yang merupakan jaringan ikat biar si nukleus ga lari kemana-mana, gitu.

Aku dijadwalkan fisioterapi sebanyak 7 kali kunjungan. Setiap kunjungan, ada 3 jenis alat yang digunakan. Ada infra red untuk memanaskan bagian punggung, TENS yang mengalirkan listrik untuk merangsang syaraf dan mengurangi nyeri, dan satu lagi apa yaa, lupa..:D Antara Laser atau Ultrasonic deh kayaknya. 
Tapi ternyata, setelah perawatan itu, sakit pinggangku ga kunjung hilang. Tapi kubiarkan, kudiamkan, kutahan dan berharap semuanya baik-baik saja. 
Makin lama, sakitnya semakin mengganggu. Hanya intensitas sakitnya aja yang naik turun. Kadang sakit sedikit hingga bisa kuabaikan. Tapiiii kalau lagi kumat, aku bisa dibuat menangis karenanya. Sakitnya tuuhh, gimana ya menggambarkannya..Seperti pegal-pegal tak berkesudahan, sakit saat berubah posisi, bahkan terkadang diam ga berbuat apapun sakit. Dari luar aku memang tampak baik-baik aja. Aku masih bisa tertawa-tawa bercanda ria, jalan-jalan kesana kemari, ga kayak orang sakit lah pokoknya. Tapi sebetulnya kondisi ini betul-betul mempengaruhiku. Aku cepat merasa capek. I feel constantly fatigue. And it affected my mood, too.

Nah beberapa bulan lalu, sekitar bulan Mei, sakitnya naik level. Yang tadinya hanya seputar pinggang dan punggung, jadi merambat mulai dari pantat hingga betis kaki kanan. *Untung cuma kaki kanan, pfiuuhh* Rasanya seperti kram otot terus menerus, terkadang kedutan, dan kesemutan. Setiap kali batuk atau bersin, terasa nyeri seperti otot-ototku tertarik. Aku juga tidak bisa tidur telentang dengan meluruskan kaki kanan karena sakit. Kalau solat, saat ruku' aku hanya bisa sedikit membungkuk, begitu juga saat sujud harus pelan-pelan. 
Lalu aku mencoba berobat ke dokter spesialis rehab medik di RS Charitas Palembang, dan disarankan untuk fisioterapi (lagi). Kata dokter, dicoba dulu fisio sebanyak 6 kali. Kalau ga ada perubahan aku perlu diperiksa dengan MRI. Sayangnya fisio tidak berjalan mulus, karena baru 2 kali terapi aku pergi jalan-jalan. Ke Hong Kong. *duh....Soalnya tiket sudah dibeli jauh-jauh hari. Jadilah aku jalan-jalan dengan kaki sakit, tiap malam minum analgesik (>_<)...

Sepulangnya dari HK, aku sempat vakum 2 minggu baru aku teruskan fisioterapi di RS Charitas. Aku lunasi pertemuan sebanyak 6 kali sesuai yang disarankan dokter. Tapi ga membuahkan hasil. Akhirnya pas kebetulan aku ke Jakarta, aku berobat ke dokter spesialis neurologi di Paviliun Kencana RSCM. Dokter bilang aku suspek HNP, dan perlu pemeriksaan MRI. Aku dibekali dengan obat, Lyrica dan Arcoxia. Waktu minum obat, sakitnya agak berkurang di siang hari tapi kembali muncul di malam hari.
Pulanglah aku ke Palembang, dan berobat lagi ke dokter spesialis neuro di RS Siloam Sriwijaya. Dokter tsb merujuk aku ke bagian radiologi untuk pemeriksaan MRI. Setelah melihat hasilnya, beliau mengkonfirmasi bahwa aku mengalami HNP terutama di bagian L4-L5 dan L5-S1, dan menjadwalkanku fisioterapi sebanyak 6-7 kali.
Apa sih HNP?
HNP adalah singkatan dari Hernia Nukleus Pulposus. Mendengar kata Hernia, biasanya orang langsung mengasosiasikannya dengan "turun berok". Jadi sebetulnya hernia atau herniasi adalah istilah medis yang berarti menonjol atau tonjolan. Nah dalam kasus ini, yang mengalami herniasi adalah si bagian dalam diskus (bantalan antar ruas tulang belakang yang sudah kuceritakan di awal tadi), yaitu nukleus pulposus. Si diskus ini bisa menonjol keluar dari tempatnya, karena bagian pinggirnya (annulus) robek. Kalau ada trauma, misalnya pekerjaan mengangkat beban berat, jatuh terduduk, maka diskus akan makin menonjol keluar. Guncangan saat kita berkendara jarak jauh melalui jalan rusak dengan mobil yang suspensinya sudah jelek juga bisa memicu trauma yang lebih besar dan mengakibatkan herniasi diskus ke tempat berlalunya syaraf tulang belakang, dan pada akhirnya menekan syaraf. Karena aku mengalami HNP di bagian lumbal dan sakrum, maka keluhan yang aku rasakan adalah low back pain dan leg pain tadi.

Potongan MRI ku Juni lalu yang kufoto dengan ponsel.


Begini kira-kira ilustrasinya. *from google images*


































Dokter neuro di RS Siloam mengatakan bahwa HNP yang aku alami masih dalam tahap awal. Harusnya masih berespon positif dong ya setelah fisioterapi. Tapi nyatanya, tidak ada perubahan yang berarti. Padahal aku patuh pada jadwal, selang sehari. Aku pun mencoba ke dokter ahli akupunktur, dokternya baik deh, kliniknya ada di ruko sebelum Sekolah Kusuma Bangsa di Palembang. Tapi masih tetap sakit juga.

Nah, semua dokter yang kukunjungi, mulai dari dokter di RS Charitas, Siloam Sriwijaya, hingga dokter akupunktur tadi, merekomendasikan satu nama. Dr. Lutfi Gatam, spesialis bedah orthopaedi yang mendalami Spine alias tulang belakang. Aku bertekad untuk berkonsultasi dengan beliau, tapi baru terealisasi Kamis, 3 Oktober lalu. dr. Lutfi praktek di RS Premier Bintaro setiap Kamis dan Senin malam.
Ternyataa, temanku Harmantya spesialis orthopaedi yang dulu sempat sama-sama bekerja sebagai  redaksi Klikdokter.com, ada di ruangan dr. Lutfi malam itu. Harman juga praktek di Spine Center RS Bintaro, sering menjadi asisten dr. Lutfi di ruangan operasi dan mendampingi beliau praktek. Pantas kalau banyak direkomendasikan orang, Dr. Lutfi memang ahli spine terkenal, dan orangnya baik banget, ramah ke pasien-pasiennya.
Baik dr. Lutfi maupun Harman cukup kaget melihat foto MRI ku, karena menurut mereka penonjolan diskusnya sudah cukup lanjut..*which means a little bit contrary to what neurologist in Siloam Hospital said*. "Udah gede banget nonjolnya, Tha.." kata Harman. Jadi mereka menyarankan, diskus yang keluar itu diambil supaya ga menekan syaraf dan menyebabkan aku sakit lagi.
"Gimana caranya, dok? Operasi?" kataku cemas.
Berkat kecanggihan teknologi, kasus sepertiku tidak perlu lagi dirawat dengan operasi bedah, dengan sayatan panjang, dan lebih besar resiko untuk komplikasi. Kini, diskus yang herniasi bisa diambil dengan bedah minor, yaitu dengan prosedur Minor Endoscopy Discectomy (MED). Aku pasrah, karena kalau tidak diambil tindakan ini, lama kelamaan diskus yang herniasi bisa semakin menonjol keluar dan menjepit syaraf. Kalau sudah terjepit total, maka yang terjadi adalah......kelumpuhan. Naudzubillah min zalikk......

Dengan mantap, aku katakan aku bersedia menjalani prosedur MED, dijadwalkan seminggu setelah aku konsultasi dengan dr. Lutfi. Pinggangku, tepat di daerah L5-S1, disayat 18 mm saja, lalu tube endoskopi yang ujungnya dilengkapi kamera dan alat untuk mengambil diskus dimasukkan. Dokter bekerja dengan melihat layar, dengan pembesaran 20x.  Tidak makan waktu terlalu lama, katanya sih kurang dari 1 jam. Tapi karena ada persiapan untuk pembiusan total dan alat-alat, aku berada di ruang OK hampir 3 jam. Video prosedur MED ini sudah banyak di-upload orang di youtube, sila search kalau mau tahu lebih lanjut :D.
Masih sempet pose di ruang persiapan op :D

Aku opname di RS Bintaro cukup 3 malam saja. Setelah operasi, aku ga boleh bangun dari tempat tidur, jadi harus dipasang kateter. Sehari setelahnya kateter boleh dilepas, aku boleh bangun dan latihan jalan. Alhamdulillah aku ga merasa nyeri yang berarti. Hanya sedikit sakit di bekas luka sayatan kalau aku berubah posisi. Kadang masih terasa kedutan dan sedikit nyeri di pantat dan kaki, tapi katanya hal ini normal dan disebabkan proses inflamasi pasca operasi aja. Aku harus selalu memakai korset lumbal saat beraktivitas selama 2-3 bulan ke depan, untuk menopang tubuh dan pengingat bahwa aku belum boleh membungkuk ekstrim dulu untuk sementara waktu. 
Hari ini hampir seminggu pasca operasi, alhamdulillah kondisinya semakin membaik. Nyeri yang dulu selalu mengganggu sudah hilang. Nyeri sedikit-sedikit ya wajarlah, namanya juga habis diobok-obok. Alhamdulillah ya Allah, yang Maha Mendengar dan Mengabulkan segala doa. Agak sedih, karena aku ga boleh sepedahan lagi, karena posisinya membungkuk dan rentan guncangan..hiks..
Sekarang tugasku adalah menjaga baik-baik tulang belakangku, jangan sampai HNP terjadi di ruas tulang belakang yang lain. Naudzubillaah aku ga mau lagi, bius total ga enaakk..Begitu setengah sadar, aku mual parah dan muntah-muntah. Belum lagi mengingat biaya total yang harus keluar. Duh, bisa buat beli mobil seken walaupun tahun tua. Alhamdulillah syukur, semuanya dicover asuransi.
Aku merasa berterima kasiihh banget sama papa mama yang begitu suportif walaupun awalnya dihinggapi keparnoan waktu mendengar kata-kata operasi. Maklum, anak kesayangan :D..Kakak-kakakku, ponakanku, temen-temen, semua care banget..♥ Terutama suamiku, yang rela tidur di lantai  beralas sejadah di samping bedku padahal AC-nya dingin sangaat..I really can't thank him enough..May Allah always bless you, Dana...

Kalau ada yang membaca postingan ini juga merasa sering back pain, jangan parno dulu. Penyebab back pain ga selalu berhubungan dengan diskus. Bisa jadi karena otot, tendon, ligamen, semua struktur yang ada di tulang belakang kita. Dan 90-95 % kasus back pain bisa dirawat dengan cara konservatif kok sebenarnya. Dengan pemberian obat, fisioterapi, exercise, dan menghindari faktor resiko. Pokoknya mulai sekarang, perhatikan betul posisi saat duduk dan berdiri. Jangan bungkuk. Kalau mau angkat berat, jongkok dulu baru angkat bebannya. Bangkit dari tempat tidur juga jangan langsung bangun, tapi miring dulu baru angkat badan dari kasur. Dan terutama untuk dokter gigi, yang biasa duduk miring-miring saat kerja pasien, rentan banget untuk mengalami HNP. Ya kalau mau aman, periksa lah kalau sudah ada keluhan. Ke Harman juga bisa tuh, baik kok orangnya ;D *promosi tulus tidak berbayar*

Better days are coming, insya Allah.

Allah Maha Pemurah,,,, 
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

142 komentar:

  1. Assalam mb,,mb ayah saya juga mengalami masalah yang sama spt dgn mb,,tp kami disarankan oleh Dr. Rendra Leonas,,utk melakukan pemeriksaan MRI di RS besar yang ada di palembang,,,kemudian hasilnya dibawa kembali ke Dr. Rendra tsb,,namun masalahnya kami tidak seberuntung mb yang siap akan biaya pengobatan,,yang menjadi pertanyaan saya :
    1. Berapa biaya pemeriksaan MRI (bag. pinggang belakang), di Rs yang mb pernah lakukan pemeriksaan ?
    2. DIAGNOSA AWAL Dr. Rendra adalah penyempitan atau penyumbatan syaraf di pinggang belakang sehingga mengakibatkan rasa sakit pada kedua paha kaki,,nah apabila setelah melakukan pemeriksaan MRI ternyata hasilnya lebih parah (mudah2 tidak ya allah),,apa yang harus kami lakukan?
    terima kasih atas jawabannya
    salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslm mas sy sdh balas via email apakah sdh terima?

      Hapus
    2. Mba...saya mau nanya dong...ikut asuransinya apa ya waktu operasi dgn Dr lutfi itu..thx ya

      Hapus
    3. Bagi saudara yg lagi mencari kesembuhan yang bagus dan tanpa epeksamping saya rekomendasi kan coba lah brobat ke dokter yusuf, konsultasi dengan beliu langsung , dan ikuti saran beliau seperti senam ringan Hnp , totok saraf di sekitar tempat tinggal saya 3 hari sekali dan jalan di kolam renang sebatas dada itu saya lakukan rutin dan minum obat dari beliau juga dan saya pun sembuh , saya merekomendasikan beliau karna saya ada pengalaman dengan penyakit ini dan setelah rutin konsultasi dan brobat dengan beliu akhir nya bisa sembuh , bila saudara ingin sembuh coba lah telp beliau ini no hp ny 0853-6167-5232.... kalau ingin tau lebih lanjut bisa hub no saya 0822-1976-6247. Semoga saran saya ini br manfaat bagi saudar yg cari kesembuhan serius trima kasih bpk putra.

      Hapus
  2. Aku sdh pernah operasi hnp dgn dr.MP di rs PI tp gagal krn msh sakit dan menjalar kekaki. Persis sama yg sy derita dgn mba. L4-5 dan L5S1. Skrg mau ketemu dr Lufti tp lama bgt tunggu 2 minggu. Ngeri jg kalo hrs operasi lg :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh..so sorry to hear that mbaa..aku alhamdulillah stlh op ga ada lg rasa sakit menjalar di kaki tp memang stlh slsai op itu ga lgs hilang total sih. Skrg pun pinggang msh srg sakit pegel2 krn dr MRI lalu emg kliatan sdhbada herniasi di ruas L4-L5 jg jd mgkn itu penyebab msh suka pegel2 ya..
      Btw good luck dgn dr. Lutfi smg cocok dan berhasil sembuh ya mbaa..he is a good man :)

      Hapus
    2. Mba, apakah operasinya juga MED?

      Hapus
  3. Mba martha,

    Sharing yg sangat bagus.
    Istri saya mengalami keluhan sakit sama seperti yg mba alami. Sudah di mri dan hasilnya ada bulging di L4/5 dan L5/S1 dgn penekanan ringan, dokter bedah syarat anjurkan operasi, kata dokter dgn operasi laminektomy,sy coba tanyakan kira2 gimana method operasinya. Akan dilakukan pembedahan di tulang belakang di area L5/S1 sesuai bentuk sakit yg dialami posisi syaraf terjepit adalah di posisi ini. Tulng yg persis diposisi syaraf terjepit akan di kikis/ dibuka utk membebaskan posisi syaraf yg terjepit. Apakhoperasi yg mba alamai sama seperti ini atau nekleus yg keluar dari diskus yg di angkat. Jadi kita masih tanya tanya informasi gimana kira kira operasinya yg akan dilakukan.

    Kalo boleh share mba berapa biaya operasi MED kemarin termasuk biaya rawat and obat.
    Thanks mba sebelumnya.

    Best regards
    Aswinpul@gmail.com

    BalasHapus
  4. Thanks for reading, mas.. kalo MED yg saya jalani sih utk mengambil bagian diskus yg bulging dan menekan syarafnya mas. sepertinya dokter ga nyebut2 soal ngikis tulang sih..nah utk biaya sy japri via email mas aja ya,,ga enak nyebut di sini hehehe...
    smg istri mas cpt sembuh sprti sedia kala, aminn...
    Regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba martha boleh di email biaya operasi MED brp? Dari awal sampe selesai, dan di rumah sakit mana?
      Email ke: getama.priadi1@gmail.com

      Hapus
    2. Mba mmartha..mohon info biaya,,dan sy sering mendengar operasi HNP 50%-50%,berhasil atau lumpuh,,makanya saya takut sy kena l3-l5..mohon email ke augustherny.s@gmail.com..makasih mba..

      Hapus
    3. Mba Martha, mohon info biaya operasi HNP mba waktu itu brp? Mohon diemail ke puji.bagkeu01@gmail.com. Tks b4 Mba Martha.

      Hapus
    4. Mba Martha, mohon info biaya operasi HNP mba waktu itu brp? Mohon diemail ke puji.bagkeu01@gmail.com. Tks b4 Mba Martha.

      Hapus
  5. mbak... aku kayaknya ngalamin hal yang sama, sejak ngelahirin anak kedua 2 thn lalu LBP sering bgt kambuh. sakit2 kecilnya aku tahan aja awalnya, tp lama2 makin parah, smpe gak bisa berdiri, duduk n jalan mbk.. waktu dlu prnah rontgen L5/S1 jg yg kena katanya tp dkter syarafnya tmpat aku konsul di RS kotaku (padang) ga paten bgt, aku nanya apa ini HNP ato gak, malah manggut2 ga jelas,, mbak, aku minta tlg donk emailin biaya MRI Lumbal brp, trus kemaren biaya operasi total jendral kena berapa.. makasih sebelumnya. mhn email ke abyjibreel@gmail.com

    BalasHapus
  6. http://solusiorthopedi.WordPress. com
    semoga bermanfaat, tq.

    BalasHapus
  7. Thanks atas infonya.
    Jadi nambah referensi dokter ahli spine. Mau nanya jg spt yg lain mbak, berapa kisaran total biaya untuk operasi MED, krn istriku jg punya penyakit yg mirip, dari hasil MRI menyatakan ada syaraf kejepit di L5/S1.
    Thanks y mbak atas infonya.

    Azhar Rifai, Jambi.

    BalasHapus
  8. Tolong kirim ke email: ayrifai47@gmail.com

    Azhar Rifai, Jambi

    BalasHapus
  9. Salam kenal Mbak Martha
    Putri saya usia 15 thn kena HNP di L5 S1 juga.. kami sedang mempertimbangkan utk tindakan operasi MED.. boleh share Mbak brp total biaya yg Mbak keluarkan kemarin utk MED dgn Dr Lutfi.. email saya mercyandriany@hotmail.com... thanks ya Mbak...

    BalasHapus
  10. Sy baru saja didiagnosa hnp,keluhan sebenernya udah lama,selama ini sakitnya masih bisa ditahan.Tapi dah benerapa thn ini malah menjalar ke pantat jadi pegel sekali, kaki kanan terasa mengganjal jika diluruskan,dan kalau badan ditegakkan jg terasa mengganjal,jadi sy hrs bungkuk sedikit kalau jalan biat ga sakit. Sehabis baca2 di web dan baca blog ini jd tertarik untuk melakukan MED,boleh di japri biayanya mba?
    Dan apakah setelah operasi bisa kembali normal dalam artian bisa olahraga dan hilang sakit yg sebelumnya dirasakan,seperti ketika ruku atau sakit pas bangun dr sila atau duduk?

    BalasHapus
  11. Mbak Martha, jadi kalau ada keluhan seperti mbak Martha mendingan ke dokter Lutfhi langsung atau ke neurolog dulu sih?
    Aku tinggal di Belitung, ada Sp.OT dokter tamu doang, 2 bulan sekali datengnya. Neurolog 3 bulan sekali.
    Kalau biar ringan mending pakai asuransi ya mbak?
    Boleh tau gak pakai asuransi apa yg mengcover HNP ini?
    TFS ya mbak, mudah2an info berguna ini jadi amal :)
    Emailku nysapril@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak sekalian kirim ke jebbyvalentino@gmail.com bwt pertanyaan di atas.. thc

      Hapus
  12. Salam kenal mbak martha....saya henry di kalsel.
    pertanyaanya saya sama dengan mrssyafree,tapi ada 1 lagi tambahan pertanyaan,,,,heeee,,,,
    berapa biaya all operasi nya mbak kalau tanpa asuransi ?
    thank's sebelumnya....:)
    email ku : he17rys@gmail.com

    BalasHapus
  13. Asswrwb...dik martha japri ya biaya oprasinya...kasus sy sm dgnmu....sakit banget ya....semoga Allah memberi kesehatan seterusnya. Aaminn...

    BalasHapus
  14. Ass...nbak martha mau tanya saya juga HNP utk biaya operasi MED totalnya berapa ya dan di rumah sakit mana?
    agusping@gmail.com

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum mba...Alhamdulillaah ada share dari mba Martha, kasus hnp qt sama..dan profesi qt pun sama..InshaaAllah hasil op nya jg sama...Allahumma Aamiin. ..sy boleh ngehubngin mba ga u/ dapat info lengkap mengenai op dgn MED? Syukron mba...Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mba sorry for patw reply..boleh tau alamat emailnya mba nnt sy kirimkan nmr telp sy via email...:)

      Hapus
    2. Sore Mba .. saya Aseng , bokap Dulu Pernah Operasi HNP Dan setelah 10 tahun katanya sakit kembali.. Mungkin gak kembali lagi sakitnya setelah di Operasi..
      Share ya mba.. Makasih ( reynaldi500@gmail.com)

      Hapus
  16. Mbak untuk total biaya operasi nya berapa? Mohon informasinya ya


    Terima Kasih
    dina.ager@gmail.com

    BalasHapus
  17. Total tagihan rs sy waktu itu 60 jt mba. Blm tmsk MRI dan konsultasi dokter sblm op.

    BalasHapus
  18. Saya juga mengalami kasus seperti itu, sudah 1 tahun lebih saya bergelut dan berteman sama HNP... sakitnya mintak ampun, tidak bisa beraktifas seperti biasa...
    O ya mbak, Apakah setelah Pasca Operasi Mbak sekarang mengalami sakit lagi...???
    Saya takut kalau mau operasi, takut efek sampingya, ntar penyakit lain yang dapat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah skrg stlh 1 tahun op keluhan di kaki hilang sm skali tp klo pinggang dan punggung msh suka pegal2 terutama klo lg kecapean..sdh dicari 2nd opinion mas?

      Hapus
  19. Suami saya baru selesai menjalani MED karena HNP, ditangani dr. Lutfi Gatam juga. Senang bisa baca sharing disini. mampir yuk ke blogku di http://hidupku-kisahku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah smg suami mba segera pulih seperti semula ya mba..aminn :)

      Hapus
  20. Saya juga kena HNP, tetap Servical, yaitu di leher.
    Dan sudah pula disuruh operasi.
    Estimasi biaya 90 juta an untuk kelas VIP.
    Nah, boleh dong di infokan biaya Uni di RS Bintaro, sekaligus kelasnya ya.

    Wassalam
    Haekals

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy kmrn dirawat di kls 2 dan saat diestimasi biaya sktr 40an tp nyatanya biaya total stlh op 60 jt mas haekal..smg lancar ya operasinya, amiin :)

      Hapus
    2. Maaf Pak...kalau boleh tawu apakah bpk jd op 2014 kmrn dan hasilnya gmn y pak ?...karena kasus nya sma di servical jg. Mohon infonya Pak

      Hapus
    3. Mohon info operasi untuk HNP di servicalnya pak haekals...untuk biaya dan hasil operasi Bp�� karena saya jg keluhannya sama tp takut operasi. Tlg di email iramalinda.ny.rian@gmail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

      Hapus
  21. Halo Atha, makasih sharingnya ya.. saya HNP di L4-5 dan yg lebih parah di L5-S1, sdh ada gejala kelemahan motorik kaki juga. Dokter2 nganjurin op, tapi pake pen dan konvensional. Gimana menurut Atha? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah too bad to hear that mba.. sebaiknya memang segera ditangani mba ,, khawatirnya makin parah..sdh prnh cari second third atau fifth opinion mgkn ke dokter lain mba?

      Hapus
  22. Salam kenal mbak martha, saya ucapkan terimakasih buat sharing pengalaman mengenai HNP, kebetulan saya kena HNP pd ruas L4-L5. Awalnya dokter yg pertama menangani keluhan sakit pinggang yg saya derita bersikukuh dengan diagnosanya bermodalkan hasil xray, bahwa saya tidak perlu operasi dan cukup dgn fisioterapi. Namun krn sakit yg ga hilang dan kaki mulai kesemutan saya minta MRI (setahu saya kalau kesemutan pasti saraf sudah mulai kena - ini asumsi saya yg cuma sedikit tahu mengenai back injury)Dokter tersebut tetap pd pendiriannya ga perlu MRI apalagi operasi. Setelah lebih dri satu paket fisioterapi (2mingguan) saya merasa saya hrs cari pendapat dr rs lain krn sakit tambah parah. Akhirnya saya ke pertamedika sentul city untuk menemui spesialis orthopedi, dan beliau langsung meminta saya untuk melakukan xray dan MRI dan hasilnya positif diskus pd L4 mendesak ringan ke saraf. Asumsi saya tidak meleset dan dokter tsb menyarankan fisioterapi atau ke pain clinic. Di hari yg sama saya langsung ke pain clinic ketemu sama ibu dyah di pain clinic dikasih obat2an dan dia minta saya lanjutkan dgn fisioterapi. Alhamdulillah berangsurangsur nyeri hilang tpi masih ada yg mengganggu nyeri suka dtg tiba2. Sambil terapi saya coba googling tentang HNP, dan saya menemukan blog uni atha ini yg menceritakan pengalaman mbak pd saat mendptkan tindakan operasi di premier bintaro oleh dokter lutfi gatam. Secara kebetulan pula terapis yg menangani saya di pertamedika mantan terapis di premier bintaro, langsung saja saya tanya sedikit interogasi si terapis tsb, nama panggilannya "mas gun".. setelah dpt info sana sini termasuk dri asuransi saya mereka jg menyarankan nama yg sama yaitu Dr. Lutfi Gatam. Masalah selanjutnya adalah mendapatkan appointment dg dokter lutfi ternyata susah krn harus antri. Singkatnya, setelah daftar di 3 RS yg berbeda akhirnya dpt jg bertatap muka dgn beliau di RS Mayapada Lebak Bulus, 15 november 2014. Setelah beliau melihat hasil MRI akhirnya sepakat untuk melakukan operasi di Premier Bintaro pd tgl 2 Desember 2014. Tgl 1 desember 2014 cek in dan melakukan persiapan operasi, alhamdulillah tidak ada masalah dgn jantung dan paru-paru. Keesokannya 2 Desember 2014 jam 7:30 pagi masuk ruang operasi. Jam 11:00 sudah kembali ke ruang perawatan. 4 desember 2014 cek out dgn total biaya Rp.75.500.000 (kelas VIP mengikuti standard dr asuransi. Sebelumnya saya minta kelas yg utama A, tp setelah mendapat konfirmasi dr pihak RS dan asuransi saya berhak untuk mendapatkan VIP). Tgl 15 desember 2014 kemarin lepas jahitan, alhamdulillah so far so good. Cuman rasa baal di kaki kanan yg masih butuh waktu untuk pemulihan.
    anyway jadi panjang ya.. maaf nih mbak atha tapi makasih sharing nya juga buat mbak dewi sutedja makasih sharenya, semoga akangnya cepat pulih ya.
    dengan tulisan mbak atha sama mbak dewi sutedja saya jd termotivasi untuk menyelesaikan masalah sakit pinggang dan nyeri di kaki saya langsung ke pusatnya bgtu jg saran yg diberikan oleh ibu dyah dr pain clinic di pertamedika.
    Ok deh makasih mbak martha, maaf panjang tulisannya 😊. Semoga Allah SWT tetap melindungi kita semua khususnya kita penderita HNP semoga ga kambuh lagi AMIIIN.

    regards,
    Firdaus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa kabar mas firdaus gmana skrg sdh mulai pulih kembali?

      Hapus
    2. Halloo mbak atha.. alhamdulillah kabar baik mbak, semoga mbak atha jg baik2 kabarnya.. 😊. Alhamdulillah 2 bulan pasca operasi sudah bisa kembali bekerja di lepas pantai setelah melalui MCU tapinya..😊 sekarang 1 tahun 5 bulan pasca operasi MED tidak ada keluhan,cuma harus jaga postur tubuh aja.. semoga mba atha dan rekan2 yang lain jg demikian yaa aamiin. Makasih untuk sharing cerita nya mba inspiratif bgt. Thanks

      Hapus
    3. Mas firdaus, maaf asuransi yang dipakai untuk HNP nya apa ya mas

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  23. Assalamualaikum mba martha, setelah saya baca tulisan mba ini, saya juga jadi yakin untuk ke dokter Luthfi. Hari ini saya baru sampai rumah, setelah 2 hari opname pasca operasi HNP L4-5 di RS Pondok Indah.
    Sehari setelah operasi saya uda nyoba berdiri dan jalan ke cafetaria. Ruang opname di lantai 5 dan cafetaria di lantai 1. Alhamdulillah banget nyeri-nyeri dikakinya uda ilang, cuma nyeri-nyeri di jahitan yg masih berasa.
    Bismillah, semoga kondisi ke depan bisa lebih baik baik baik lagi.. Aamiin. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. jd gmana skrg kondisinya mba..? Smg sdh pulih ya..

      Hapus
  24. Ass mba, mama saya juga HNP, dan disarankan operasi. Saya gak tau MED itu ada atau tidak di medan, nah kira2 berapa biaya utk MED itu ya mba? Thx mba

    BalasHapus
  25. Pagi mbak. Saya juga divonis HNP dan disarankan operasi oleh dr. Rendra di RS.RK. Charitas Palembang. Mohon info berapa kisaran biaya MED kemarin dengan dr. Lutfhi? bisa tlg diemail ke juandijayakosim@gmail.com mbak? tks sblmnya

    BalasHapus
  26. Assmkm mba Martha, saya semakin yakin dan positive thinking dg operasi HNP sama persis dg yg mba rasakan, saya baru saja dioperasi tgl.28 Apr 2015, rasa nyeri dan pegal2 sdh terasa sejak Januari 2015, akhir cerita saya divonis HNP L4-5 dan harus operasi, sebelumnya blm punya keberanian utk itu, setelah saya membaca beberapa artickle dan yg paling memperkuat saya adalah setelah membaca kisah mba Marta, jadi memantapkan saya utk operasi dan dari situlah saya dapat informasi nama dokternya Dr. Lutfi Gatham, lalu saya dioperasi di RS Premier Bintaro juga meskipun harus menunggu selama 1 minggu utk mendapatkan jadwal operasi oleh Dr. Lutfi Gatham. terimakasih atas artickle yg berguna dan menambah pengetahuan saya. salam sehat selalu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah senang mndengar kabar baik dr mba.. Sama2 mba, smg kita sehat trs mba amin ya rabb.. :)

      Hapus
  27. Assl, salaam kenal ya mb. Mau nanya gmna skrg rasanya setelah operasi lbp. Apalah masih ada merasakan sakit? Mengingat mb atha sering traveling. Saya minta nmr yg bisa dihubungi ya. Saya mau tanya2 phl HNP karena saya sdh disuruh operasi sama dokter. Bisa imel ke saya ya mb. Tks..

    BalasHapus
  28. Ass. Wah sama bgt nih, sy jg kena di L4-5, L5-S1 dr pemeriksaan EMG. Sempet ga bs jalan sm sekali sekitar 3 bln krn salah penanganan. Dikiranya salah urat shg diurut dan malah ga bs jalan. Krn takut operasi sy memilih jln pengobatan alternatif dg bekam, sedot lintah dan akupuntur. Setelah 3 bln bs jln lg pke tongkat. Tp sy berhenti berobat alternatif dr bulan ke 3 smp ke 5, skrg udh bs jalan normal walaupun blm bs lari2. Sebulanan ini fisioterapi di RS Fatmawati dan minum obat, udah ga sakit bgt tp mah blm bs kerja keras. Semoga share saya jd penyemangat buat kita semua. :)

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum mba. Sy jg amengalami HNP L5S1 sdh 3 tahun.selama ini sy hanya berobàt jalan n fisioteraphy. Baca tulisan mba sy tertarik sekali u/ control ke dr lutfi. Dimana saja ya prakteknya?

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum mba. Sy jg amengalami HNP L5S1 sdh 3 tahun.selama ini sy hanya berobàt jalan n fisioteraphy. Baca tulisan mba sy tertarik sekali u/ control ke dr lutfi. Dimana saja ya prakteknya?

    BalasHapus
  31. Sampar Angin Khusus SYARAF KEJEPIT.
    Minyak Sampar Angin. Sangat efektif mengobati : syaraf kejepit, pegal linu, nyeri pinggang, terkilir, retak tulang, salah urat, keseleo, vertigo, stroke, asam urat, melancarkan peredaran darah, kaku leher, pegal-pegal, kecapaian, dll. Harga Rp. 175.000,- (30 ml). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

    BalasHapus
  32. Helo mbak, terima kasih info nya, saya mengalami penyakit ya sama spt mbak, Spine L 4 L 5, saya sudah berobat dan ikut physiotherapi berkali kali bahkan sdh menjalani Chiropractic tertandingi. Saya berdomisili di Singapore. Saya bahkan sdh 3 x ganti specialist dan semua menyarankan untuk operasi. Mereka tidak melakukan Minor Endoscopy Discectomy melainkan memotong tulang tsb dan menanamkan metal sbg pengganti Spine dibagian L4 L5, maka itu saya selalu menolak untuk operasi di Singapore.

    Membaca Story mbak saya jadi pengen konsultasi dengan dokter Luthfi di Jakarta.

    Berapa ya mbak biaya MRI di Jakarta? Saya sudah 2 x menjalani MRI SMAN di Singapore.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  33. Correction : Chiropractic Treatment. Bukan Chiropractic tertandingi. 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba sori br balas.. MRI klo ga salah wktu itu sktr 1jutaan mba ... Jd gmn skrg kondisinya apakah sdh membaik?

      Hapus
  34. saya b ulan Juli 2015 habis lebaran juga operasi......di RS Telogorejo Semarang. PRof DR Dr Zaenal Muttaqin..beliau ramah...baik....dan enak diajak komunikasi.alhamdulillah kasus saya sama dg yang Penulis alami. alhamdulillah operasi saya berhasil...tetapi sampai sekarang Kamis 24 September 2015 masih agak sakit.....belum sembuh total..tp dibandingkan sebelum operasi...sudah berkurang sakitnya..semoga sakit ini berangsur hilang....biaya ....saya masuk bangsal hari senin...operasi selasa pagi...jumat sore sudah pulang...biaya di bangsal dan operasi tanpa asuransi sekitar 33jt...kalo memakai asuransi BPJS sekitar 20 juta, tapi alat pereda rasa sakit jarang saya konsumsi...karna efeknya kurang bagus di hati...........karna saya dulu th 2000 juga pernah operasi pengambilan sebagian hati.....jadi semoga para dokter senantiasa membantu pasiennya dengan ikhlas..terima kasih atas artikel ini dimuat...dan terima kasih buat dokter2 yg mengabdikan diri untuk masyarakat dengan ikhlas dan tulus...trima kasih Prof DR Dr Zaenal Muttaqin Telogorejo Semarang..Terimakasih Prof DR Riwanto RS Elizabeth Semarang yg mengoperasi saya juga th 2000 pengambilan hati saya...semoga beliau diberi kesehatan juga karna beliau juga sakit di Rumah sakit.......Thanks pada penulis atas artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas alhamdulillah klo tulisan ini bs bermanfaat. Smg kita smua sehat2 trs yaa amin

      Hapus
    2. Mas pecinta wanita minta no hp nya...pengin tanya2 tentang oprasinya lebih detail...terimakasih

      Hapus
    3. Mas pecinta wanita minta no hp nya...pengin tanya2 tentang oprasinya lebih detail...terimakasih

      Hapus
  35. selasa 22 september kemaren saya melakukan operasi HNP L4-L5 di RSCM, operasinya 4 jam selalian anastesi, untuk biaya semuanya gratis karna saya menggunakan BPJS kesehatan, saya domisil di bengkulu, alhamdulillah nyeri dari pingang sampai ke telapak kaki bagian kiri saya sudah benar2 hilang, hanya luka bekas operasi saya yg masih perih, jangan takut melakukan operasi untuk kesembuhan, karena HNP sangat membuat saya menderita selama 3 minggu, semoga bermanfaat assalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpjsy Pindah faskes k jkrt dulu ya ?

      Hapus
    2. Bpjsy Pindah faskes k jkrt dulu ya ?

      Hapus
    3. Pak dicki suhendar, itu yg bapak oprasi HNP bisa gratis pake bpjs, itu metodenya yg MED juga ato yg lain? Makasih banyak.daya rencana juga istri mau oprasi hnp pake bpjs, tpi blm tau kalo dg bpjs trus metode/caranya opetasi bgm nantinya

      Hapus
    4. Pak dicki suhendar, itu yg bapak oprasi HNP bisa gratis pake bpjs, itu metodenya yg MED juga ato yg lain? Makasih banyak.daya rencana juga istri mau oprasi hnp pake bpjs, tpi blm tau kalo dg bpjs trus metode/caranya opetasi bgm nantinya

      Hapus
    5. pak itu metode operasinya pake MED atau bedah tradisional?

      Hapus
    6. Domisili bengkulu nya dmna pak??qt jg asli bkl mau nanya seputaran operasi HNP dengan bpjs.....mohon petunjuk

      Hapus
  36. Thanks infonya Mba. Semoga mamaku cepat baikan. Kemarin mamaku kecelakaan, ditabrak sama mobil dari belakang, saat motor dalam keadaan diam dan macet pula. Setelah periksa ke dokter hari ini, hasilnya ada hnp yang bikin mamaku sakit pinggang. Besok rencana ke dokter untuk fisioterapi. Doakan mamaku baik-baik aja ya Mba.

    BalasHapus
  37. Salam sejahtra mba martha. Sy dewi 23 tahun tepat hari ini. Bersyukur msh bs diberi nafas hidup. Krn sy alami HNP tahun lalu dari bulan agustus sy sudh tidak bisa jalan. Duduk d kursi roda untuk bergerak sedikit saja sakit sekali..sama seperti yg mba alami diam sj sakit apalagi bergerak.sy sudah fisiiterapi jg d RSWS makassar sekitar brp bulan. Perubahan hanya sebentar sj lalu kambuh. Singkat cerita sy akupuntur. Akhirnya sy bs jalan sampai sekarang. Tp gabs d pungkiri mmg sudah ga bisa normal lg seperti sehat dahulu. SKrg beraktifitas serba terbatas. Suka kambuh juga. Memang seperti ada yg mengganjal. Jari kaki sy juga sudah tidak bs bergerak lagi yg sebelah kanan..yg kiri baik2 sj. Sampai skrg saya masih stres harus bagaimana. Sy takut oprasi resikonya lumpuh. Jd sy hrs bagaimana ? Kalo bisa sy hubungi lewat mana ya mba untuk konsul lbh dalam. Mohon bantuannya.terims kasih. Semoga kita semua dalam lindubganNya. Amin

    BalasHapus
  38. Assalmu'alaikum..mbak martha yg baik hati,yg udah relain bagi pengalamannya,sy ingin curhat pnderitaan sy slama ini,nama sy ayu umur hmpir 30th,tinggal d medan,skitar 3thun yg lalu,sy pernah jatuh terduduk dan kdua kaki sy terkangkang kira2 sperti penari balet gtu,wktu itu sy sdg hmil 8bln,sy uda USG kdokter kndungan Alhamdulillah gk ada masalah dgn janin sy,setelah mekahirkan malah sy sering sakit pinggang,kl udah duduk sakit bnget utk berdiri,sy smpai jalanny bungkuk2 dlu trus pelan2 d tegak2in,pdhal waktu pas jatuhny sy trus panggil tukang kusuk/pijat,mksudny biar gk makin parah sakitny.Brapa bulan trakhir ini n smpai sy menulis ini,sy merasakn sakit yg teramat sakit,sblumny sakitny hilang timbul n kl udah d kusuk trus pakai hot cream skitny hilang,tp dlm 4bln trakhir ini sakitny trus menurus,rasany pegal,nyeri,ngilu,smua bgian blakang sy kyak d tusuk2 n kaki kiri sy ngilu,sy udah brobat k RS yg ada d medan,stlah Rontgen hsilny penyempitan diskus foramen vertebra L5 sacrum 1,diognosa dokterny LBP ec HNP,sy kurang paham mksudny,skrg ni sy udah jalani fisioterapi 6kali,tp blum ada perubahn,sy juga udah pakai korset lumbal,tp jg blum ada perubaha,yg buat sy miris ternyata nyeri n efekny dr kepala bgian blakang n saraf mata,skrg ini sy trus menjalani rawat jln n rutin mnum obt dr RS,walaupun sama sekali gk buat rasa skit ini reda,tp sy coba bersabar.
    Yg sy tanyakn:
    Apakah skit sy ini hrus d operasi juga??(sy nyesel bnget,sy udah spelein skit ini hmpir 3thn,kata perawat fisio ny ini udah kasep,udah lengket,tp ntah apany yg lengket sy gk tahu)
    Waktu mbak sakit dlu,apanyerinya smpe k perut bwah n ada yg bergerak d dlm perut kyak ada janinny n d kaki kiri sering kedutan n ngilu(sy tanya dokter katany tu cuma efekny aj)kl mbak tahu atau ada pengalamn info k sy y..
    Sekarang ini kalo udah pas kumat sakitny,ngiluny smpe k tngan kiri sy,pinggang sy skitny mnta ampun gk bs d bilang sakitny kyak apa,utk ngurangi nyeriny sy sering berenang..Sy minta tipsny mbak.gmna ngurangin rasa nyeri ny dr pengalamn mbak..

    Sblum n sesudahny sy ucapkn trimakasih bnyak buat mbak Martha..
    Tmen2 yg udah membaca curhat sy ini,bs membagikn ilmu atau pengalaman tentang penyakit ini.
    Karna sy sring gk sempat buka google,sy harahap jawabanny bs d kirim k bbm sy pin 58581274 atau sms k 0852 9727 9990
    Sekali lg sy ucapkn terimakasih utk mbak martha n temen2 smuany yg baik hati..smoga kebaikanny d ganti Oleh RidhoNy Allah swt..dlm segala usaha demi kebaikn,semoga bs sukses Dunia n Akhirat..Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dari medan. Adik aku kena HNP L4,L5 dan S1,
      udah 1 tahun,Sudah fisioterapi setiap minggu sampai sekarang, udah ke dokter katanya suruh operasi tapi jaminanya belum tentu sembuh, seminggu 2x kedokter spesialis , alternatif. tapi blm sembuh juga.sudah sudah bapai bantal terapi dri JACO.
      kaki kiri masih makin kecil, kesemutan , YA ALLAH usaha doa sudah dilakukan habis2an , sampai utang sana sini yang penting bisa buat berobat namun blm kunjung sembuh, mau operasi biayanya ngak sangup 70 an juta.

      apakah penyakit HPN ini penyakit yang tak tersembuhkan ? tiap hari sedih saya lihat adik saya klu sholat berdoa sambil menangis...mintak kesembuhan.. Ya Allah................................adakah jalan kesembuhan buat adik aku... maaf ya mas saya malah curhat ..mohon doa buat kesembuhan adik saya

      Hapus
  39. assalamualaikum mbak Martha. Saya baru 4 minggu pasca operasi HNP. Dan Alhamdulillah sudah tidak ada masalah untuk melakukan kegiatan sehari hari. Tapi ada 1 hal yg menggangu saya, setiap kali habis bangun tidur pasti saya merasa sakit dibagian yg dioperasi dan butuh waktu bbrapa saat sampai saya siap untuk jalan, tapi kalau sudah dibawa jalan sakit nya hilang. Apakah mbak Martha mengalami yg sama? Terima makasih

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah, sharing pengalaman dari uni Atha ini sungguh bermanfaat. Istri saya punya penyakit yang sama. Insha Allah mau saya bawa ke dokter Lutfhi Juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mas irpan r, sdh jadi op blm? Istri saya juga hnp di L2/4/5,,trus kalo sdh operasi gmn perkembangan nya? Ini saya tanyakan untk memberi semangat dn pengertian istri supaya tdk takut. Makasih banyak.

      Hapus
  41. Alahamdulillah ya mbk. semuaitu adalah proses. penyembuhannya juga proses. ga bisa cuma sekali berobat ataupun terapi.karena semua itu saling melengkapi. sharing yang sangat bermanfaat. semoga bisa memberikan inspirasi buat orang lain.

    BalasHapus
  42. saya dari medan. Adik aku kena HNP L4,L5 dan S1,
    udah 1 tahun,Sudah fisioterapi setiap minggu sampai sekarang, udah ke dokter katanya suruh operasi tapi jaminanya belum tentu sembuh, seminggu 2x kedokter spesialis , alternatif. tapi blm sembuh juga.sudah sudah bapai bantal terapi dri JACO.
    kaki kiri masih makin kecil, kesemutan , YA ALLAH usaha doa sudah dilakukan habis2an , sampai utang sana sini yang penting bisa buat berobat namun blm kunjung sembuh, mau operasi biayanya ngak sangup 70 an juta.

    apakah penyakit HPN ini penyakit yang tak tersembuhkan ? tiap hari sedih saya lihat adik saya klu sholat berdoa sambil menangis...mintak kesembuhan.. Ya Allah................................adakah jalan kesembuhan buat adik aku... maaf ya mas saya malah curhat ..mohon doa buat kesembuhan adik saya...sampai saat ini sampai putus asa rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn skrg perkembangan adiknya mas..sdh ada kemajuan? Smg cpt pulih kembali..

      Hapus
    2. Gmn skrg perkembangan adiknya mas..sdh ada kemajuan? Smg cpt pulih kembali..

      Hapus
  43. mohon di area medan share pengobatan atau biaya operasi dan dokter yang di rekoment otista24@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sy krg tau utk yg di medan..mgkn pembaca lain bs bantu..

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. salam kenal...
    saya juga penderita HNP (L4-L5 & L4-S1). diawali 1 Des 2015 saya mendadak tidak bisa jalan sama sekali. kemudian fisioterapi dari mulai infrared, ultrasound, tembak laser & tentunya latihan stretching secara teratur, karena hingga pertengahan Februari 2016 tidak membaik, maka dilakukan MRI. dari hasil MRI hanya diketahui HNP level 1, yang menurut dokter syaraf perlu dilakukan pemeriksaan lebih detil lagi. sehingga dilakukan EMG yang hasilnya HNP level 4. saya kontrol ke 2 dokter syaraf & 1 dokter rehab medik. ada yang di RS Siloam, ada yang di RS Kasih Ibu. yang di RS Siloam semua kontrol menggunakan BPJS termasuk MRI, EMG & fisioterapi yang hingga saat ini sudah 15x (hampir bosan saya nihh). hasil bahwa saya menderita HNP L4-L5 & L5-S1 level 4 baru saya ketahui baru2 ini. yaahhh setidaknya saya sudah tahu sakit apa yang saya derita. dan saat ini saya sedang belajar mencari pengalaman dari orang2 yang pernah mengalaminya dengan cara googling membaca cerita2. juga saya harus menjadi manusia teratur terutama stretching teratur dan harus mulai merencanakan mengurangi berat badan supaya tidak terlalu membebani di L4-S1.

    Nusa Dua, Bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ibu..smg cepet pulih kembali ya bu..

      Hapus
  46. salam kenal mba. saya Lisa, 26 y. o penderita HNP juga. saya sudah beberapa kali konsul ke orthoped, spesialis saraf, fisiotherapi, tp tidak membuahkan hasil. saya sangat senang menemukan blog ini. boleh kirim nomor yang bisa saya hubungi untuk jrnis ansuransi dan prosedurnya ke lisaelisa113@yahoo.com?? trimakasih banyak ya mba.

    BalasHapus
  47. salam kenal mba. saya Lisa, 26 y. o penderita HNP juga. saya sudah beberapa kali konsul ke orthoped, spesialis saraf, fisiotherapi, tp tidak membuahkan hasil. saya sangat senang menemukan blog ini. boleh kirim nomor yang bisa saya hubungi untuk jrnis ansuransi dan prosedurnya ke lisaelisa113@yahoo.com?? trimakasih banyak ya mba.

    BalasHapus
  48. Haloo.. aku jugaa hnp. Udah 5th tapi aku ga mau operasi hehe.. kok takut ya aku.. apa yang kamu alamin,kok sama persis hehe.. sakit banget sih memang tapi aku ga pernah periksa juga sekarang, udah kebal sama sakitnya.. dulu terapi2 bisa ngilangin sakitnya tapi muncul lagi.. tapi aku udah males dan takut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo jg mba..klo sy boleh saran coba periksa aja mba..dilawan takutnya..semoga ga tambah parah yaa

      Hapus
  49. Minyak Sampar Angin. Sangat efektif mengobati : syaraf kejepit, pegal linu, nyeri pinggang, terkilir, retak tulang, salah urat, keseleo, vertigo, stroke, asam urat, melancarkan peredaran darah, kaku leher, pegal-pegal, kecapaian, dll. Harga Rp. 189.500,- (30 ml). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com.

    BalasHapus
  50. Mba, saya sekarang juga lg kena HNP di L5-S1, mohon infonya berapa biaya yg dibutuhkan untuk MED di RS Bintaro, prosedurnya bagaimana??tolong dikirimkan ke adrian.gunawan280988@gmail.com
    Terima kasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..sdh dibantu jawab ya oleh mas ferry di komen setelah ini mas adrian..smg membantu

      Hapus
  51. Mas adrian... saya operasi tgl 12 april 2016 di rs premier bintaro total 82 jt kelas 2. Semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas responnya mas ferry..gmana kabar pasca operasi? Smg segera pulih ya..

      Hapus
    2. Alhamdulillah udh baikan mbak/dr... pegal disekitar (maaf) pinggul/bokong dan kesemutan (terutama kalo duduk bersila lama) sudah g terasa lg. tp betis terasa kadang pegal seperti kita hbs lari. btw dulu paska operasi brp lama mbak martha sampe benar2 hilang ?

      Hapus
  52. Mas adrian... saya operasi tgl 12 april 2016 di rs premier bintaro total 82 jt kelas 2. Semoga membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas ferry, mau tanya untuk by operasinya saja berapa? Mohon info, thanks

      Hapus
  53. Selamat Pagi Mbak Martha, Minta info untuk Biaya operasinya mbak,, soalnya ibu saya didiagnosa HNP juga, kata dokter juga disuruh operasi, tapi masih belum tau kisaran habisnya berapa..
    mohon infonya dikirim kesini ya mbak,, mnurhasan14@gmail.com
    terimakasih sebelumnya. :D

    BalasHapus
  54. Mbak martha, aku boleh minta kontaknya? Aku mau curhat tentang penyakit kita..
    Send email ya mbak.. kengkreafebe@gmail.com
    Terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.facebook.com/groups/484072058373777/

      Hapus
    2. Mas ferry, apa mas tau asuransi apa yang mengcover 100% untuk HNP

      Hapus
    3. Haloo mbak maaf nimbrung disini... BPJS juga mengcover 100%. Kebetulan tetangga saya pernah dioperasi dengan keluhan yang sama. Pada waktu itu tetangga saya dioperasi oleh dr. Agus Yunianto di RSPAD Gatot Subroto. Kondisi beliau pasca operasi alhamdulillah sehat kembali beraktifitas seperti biasa.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. mas firdaus bisa konsul lewat hp ngak ?? or email ??. email saya : sdjalante@yahoo.com

      Hapus
    6. Makasi mas daus atas reverensi nya sr agus yunianto, saya habia dioperasi dengan beliau alhamdulilah sudah bisa jalan lg

      Hapus
    7. Makasi mas daus atas reverensi nya sr agus yunianto, saya habia dioperasi dengan beliau alhamdulilah sudah bisa jalan lg

      Hapus
    8. Alhamdulillah selamat mas jaya..buat pembaca yg lain yg ingin operasi HNP dengan Dr. Lutfi Gatham dan teamnya bisa juga di RS Fatmawati, Jkt. Mudah2an sih bisa pake BPJS yaa..seperti yg di RSPAD Gatot Subroto.
      Salam sehat...

      Hapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bisa minta nomor hpnya ngak ?? mau nanya nanya or tolong emainya dikirimin. email saya : sdjalante@yahoo.com

      Hapus
  56. Mba Martha, saya juga sudah operasi HNP 1bln yg lalu, apakah setelah operasi nyeri yg menjalar di kaki langsung hilang atau masi ada nyeri? Krn saya masi merasakan ada nyeri tapi tdk sama seperti sebelum di operasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru balas..gmana kondisinya skrg? Sy stlh operasi nyeri menjalar di kaki lgs hilang sih alhamdulillah. Tp nyeri pinggang smpe skrg tetap ada.

      Hapus
  57. makasih sharing dan infonya mbak martha.. saya juga kena HNP di l5 dan S1. pada mei 2015. sekaligus ada scoliosis (letter S) di tulang belakang saya. sempet gak bisa jalan kaki sampai semingguan di RS. oleh dokter divonis harus operasi. saking shock dan takutnya operasi saya sampe nangis.. dan tetep gak mau operasi. atas saran temen2 saya renang tiap hari bertahan sampai 10bln.. lumayan berkurang sakitnya, setelah itu semakin jarang dan 1x seminggu. tapi rasa kebas dan kesemutan di kaki kanan blm juga hilang. saat ini kalau duduk lama. di pantat sebelah kanan serasa kayak kebas dan pegel. ketika ketemu blog mbak martha ini saya mulai berpikir mempertimbangkan untuk operasi.. tapi masih bimbang.. mohon ijin ikut mbaca2 dan nyimak mbak... agar saya punya keberanian untuk memutuskan harus operasi atau tidak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas.. coba cari second opinion jg mas.. siapa tau msh ada cara lain selain operasi. Tp klopun hrs operasi smg dimudahkan jalannya ya. Get well soon.

      Hapus
  58. Mbak, bagaimana kondisi pasca operasi HNP nya sekarang? apakah rasa sakitnya sudah hilang 100%? karena saya juga kenap HNP L5-S1 dan sedang mempertimbangkan operasi.

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba..hilang 100 % sih ngga..bahkan baru2 ini pernah sakit bgt pinggangnya. Mgkn krn pekerjaan sy jg ya.

      Hapus
    2. Brrti mbak udah brp tahun ini siap mbak operasi pnggang mbak ada jga skit y.. Please jwbannya??

      Hapus
  59. Aslm mbak..
    Maaf mau tanya biaya MED nya brpa.?
    Bsa pkr BPJS gak.?
    Tlong di blas via email ya mbak..
    Btuh bnget infox..tks
    Emailku : taufik.tomutu@yahoo.co.id

    BalasHapus
  60. ass..uni martha..
    boleh sharing no hp nya un..? ad yg mau sy tnyakan mngenai hnp..
    email sy : ika.mizhoc@gmail.com
    mski bnyak uni.. :)

    BalasHapus
  61. Makasi mbak uni artha atas share pengalamannya, hari selasa kemarin tgl 31 january 2017 baru melakukan operasi metode MED dengan Dr.Agus Yunianto di RSPAD gatot subroto, alhamdulilah 2 hari pasca operasi nyeri sudah hilang dan bisa jalan lagi, sebelum operasi saya ga bisa jalan dan berdiri tegak, skrg hanya masi ada sedikit baal dikaki kanan sambil pemulihan, hehe

    BalasHapus
  62. Makasi mbak uni artha atas share pengalamannya, hari selasa kemarin tgl 31 january 2017 baru melakukan operasi metode MED dengan Dr.Agus Yunianto di RSPAD gatot subroto, alhamdulilah 2 hari pasca operasi nyeri sudah hilang dan bisa jalan lagi, sebelum operasi saya ga bisa jalan dan berdiri tegak, skrg hanya masi ada sedikit baal dikaki kanan sambil pemulihan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @jaya sinar surya,pak kl operasi med bida pake bpjs engga

      Hapus
    2. Bisa pak, kemarin saya operasi syaraf kejepit di RSPAD gatot subroto dengan Dr bedah syaraf pak agus yunianto, full administrasi menggunakan bpjs pak,

      Hapus
  63. @jaya sinar surya, pak.. rencana org tua sy juga mau melakukan operasi MED.. sy ingin konsultasi dgn bpk mekanismenya memakai bpjs krn kami dari sulawesi tengah, apakah memungkinkan di rujuk ke RSPAD gatot subroto. ini email sy dewifitriayu@gmail.com mohon dikirimkan kontak bpk untuk konsul. makasih pak. semoga bpk sehat selalu. Aamiin

    BalasHapus
  64. Selamat Ibu Martha, atas kesembuhan ibu. Sharing ibu sangat membantu kami untuk lebih memahami tentang keluhan HNP. Semoga ibu tetap sehat dan bebas nyeri. Salam, Sanctuary Mind www.terapinyeri.com

    BalasHapus
  65. Mencari2 second opinion ttg HNP dan masuk ke web ini...liat dr thn2nya udh lmyn lama thn 2014an...3thn yg lalu.tp smga mb martha bs membantu menjawab.sy jg kena HNP L4-5 mbk tp kondisinya blm trllu parah. Dktr spesialis syaraf di kota saya lsg nyuruh operasi.tp krna sy pasien BPJS kelas2 jujur aj mau lsg operasi tkt bngt...khwtr dg pelayanan dan lain2.kl boleh minta sarannya mbak brkli ada saran yg lbh baik selain operasi krna baca2 di intrnt ktnya kl gagal bs jadi lumpuh.bisa lwt email pribadi sy mbak...banasyaz@gmail.com.mksh sblmnya

    BalasHapus
  66. Mediplants Antisciatica Herba Khusus Syaraf Kejepit. Berkhasiat untuk : mengatasi syaraf kejepit, meredakan nyeri otot dan syaraf, mengatasi sakit urat belikat. Dosis penggunaan : 3 x 2 kapsul / hari. DEPKES RI : 26.IKOT/05/0000000/SUDINKES/1/10. Harga per botol Rp. 189.500,- (30 caps). Harga belum termasuk bea kirim. Pemesanan hubungi SMS / WA : 085691091009. Pin BB : d30f9093. Website : http://faneliaherbs1.wordpress.com

    BalasHapus
  67. Apakah bpjs gratis dari pemerintah bisa cover operasi hnp.. Kondisi ibu saya terkena syaraf kejepit di th12 L1 sekarang gak bisa duduk dan gak bisa jalan..
    Apakah bpjs gratis dari pemerintah bisa cover operasi hnp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, ayah saya operasi hnp bln kmrn di rsud sidoarjo. Semua biaya ditanggung bpjs.

      Hapus
    2. Bpjs bayar bulanan atau bpjs yg gak bayar alias bpjs gratis dari pemerintah.. Takutnya beda wilayah malah gak di tanggung biaya operasi nya

      Hapus
  68. mat malam mba..maaf mau bertanya..!!saya juga ad positif HNP..mau di operasi cuaman blm tau kira2 biayanx brapaan..trs apa bisa di cover BPJS..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya 1 bulan yang lalu menderita sakit di sekitar pinggang, pantat dan menjalar sampai ke betis. Kalau Saat bangun tidur sakit, kalau buat jalan apa lagi, mau bangkit dari posisi duduk untuk br diri aja sakitnya bukan main.
      Sudah sering fisiotrapi, renang dll tapi tak kunjung sembuh... Sampai pada akhir nya saya mencoba buka Google dan menemukan banyak yang sembuh dari penyakit ini dengan dokter yusuf. Saya pun tr tarik dan Ingin brobat dengan Dr yusuf.
      Sampai pada akhir ny saya hubungi beliau, dan saya di sarankan untuk rajin trapi oleh beliau.
      Dan untuk obat nya hanya bisa di pesan langsung dengan beliau. saya pesan langsung obat racikan nya dokter yusuf.
      Obatnya ada 2 jenis.

      Kalau yang bagus itu harganya mahal benget sekitar Rp1,900,000.Untuk 2 minggu.

      Dan ada yang biasa juga.
      Harganya Rp400,000.untuk 2 minggu juga.

      Dan saya pun pesan yang biasa saja, Sebenarnya saya Ingin yang bagus bila ada uang.

      Setelah obat saya trima saya pun langsung minum obat racikan beliau rutin sesuai dosis yang di buat beliau.

      Di minggu pertama alhamdulillah rasanya lebih enakan dan di minggu ke 2 jauh lebih enak bahkan kalau di buat bangun dan br jalan juga sudah enakan.

      Dan saya pun memesan obat nya 1 resep lagi agar bisa lebih maksimal sembuh nya.

      Sampai pada akhir alhamdulillah saya pun di beri kesembuhan oleh Allah swt... Semoga saudara yang lain juga bisa sembuh dari HNP tanpa oprasi seperti saya.
      Amin...
      Saran saya coba brobat dengan Dr yusuf insyah Allah dengan perentara beliau bisa sembuh. Amin amin amin
      Ini no kontak Dr yusuf
      0853-6167-5232
      Cobalah berobat dengan beliau

      Hapus
    2. Alhamdulillah saya juga sembuh dengan dokter yusuf setelah 4 bulan rajin konsultasi dan kosumsi obat resep beliau yang saya tebus dengan beliau dan rutin konsultasi dengan beliau,enak nya bila brobat dengan dokter yusuf kita bisa rutin konsultasi bila kita kendala semasa proses penyembuhan,rasanya kita punya dokter pribadi dan konsultasi bisa jarak jauh dan gratis.trimakasih pak atas saranya untuk brobat dengan dokter yusuf Yang saat ini beliau tugas di balai medical center aceh.

      Hapus
  69. terimakasih mbak, saya baru tau ternyata Minyak Varash Untuk Syaraf Kejepit (HNP) bagus ya. Mungkin bisa juga untuk referensi untuk anda. terimakasih informasinya ya

    BalasHapus
  70. Bisa tau berapa biaya operasi med.?
    tb.alimisri@gmail.com

    BalasHapus
  71. Mbak boleh minta emailnya?
    Ini emailku sekarandini696@gmail.com

    BalasHapus
  72. Kalau bisa sembuh tanpa oprasi lebih baik jangan oprasi dahulu karna setiap tindakan oprasi pasti ada epeksampingnya dan biasanya epeksampingnya ialah lumpuh total

    BalasHapus
  73. Coba brobat dengan Dr yusuf.
    Saya tadi baru saja menghubungi beliau ( Dr yusuf ) dan insyah Allah saya akan br ikhtiar dengan beliau melalui saran nya dan obat racikan beliau yang saya pesan langsung dengan beliau... Mohon bantu doanya agar saya bisa sembuh dari HNP tanpa oprasi seperti pasien beliau lain nya amin....

    BalasHapus
  74. No hp Dr yusuf 0853-6167-5232

    BalasHapus