Senin, 01 Oktober 2018

Da Nang Trip, September 2018

1 Oktober 2018.
Dua tahun berlalu sejak terakhir posting..
Banyak cerita perjalanan yang urung ditulis, kangen juga berbagi cerita di sini..:)
Sooo September kemarin sy Alhamdulillah diberi kesempatan untuk menghadiri dua seminar ..
Yang satu seminar SEAADE-IADR di Da Nang Vietnam, selang seminggu cuzz ke seminar FDI-IDA di Manado. Di postingan ini sy pingin cerita tentang pengalaman selama di Da Nang, pastinya ga usah cerita seminarnya yaa, cerita jalan-jalannya saja hehe...

Asli, ke Vietnam kemarin tuh ga disangka-sangka banget. Sudah lama sebenarnya sy memendam keinginan mengunjungi Vietnam. Tapi mas suami ogah-ogahan, dan pergi sendiri kok kayak ga asik.
Pas ibu bos ngajak seminar (dan kali ini ada bantuan dana, biasanya kan bayar sendiri) waah pucuk dicinta ulam tiba nih!

Kami berangkat subuh dari Soetta, transit di KL, dan tiba di Da nang tanggal 10 September 2018 sekitar tengah hari. Sebelum berangkat sy sempat googling sedikit tentang kota ini yang katanya kota terbesar keempat di Vietnam, dan sepertinya cukup menarik biarpun tidak seramai Saigon (Ho Chi Minh). Saya dan beberapa dosen yang sepesawat bareng menyewa taksi van di bandara dengan kapasitas kurang lebih 10 orang, akhirnya si supir dinego untuk disewa seharian dan dia mau..yey!

Dari airport kami ke Furama Resort, tempat salah satu dosen menginap sekaligus merupakan venue seminar. Kami sih ga menginap di situ, mahal cooyy!
Bosque numpang foto ajah di pintu depan Villa di Furama Hotel. Hotel ini luass banget tapi ada Buggy yang selalu mondar-mandir buat transporting tamu-tamu.

Tapi klo ada budget, dan pergi rame-rame atau sama keluarga, oke juga nginep di Villa-nya..Furama ini letaknya persis di pinggir pantai, mirip seperti Kuta, dan di sekitar sini juga banyak hotel-hotel lain termasuk hotel kami..Ke pantai tinggal jalan kaki..
Furama terletak persis di tepi pantai ini. Bersihh dan garis pantainya panjang banget.

Setelah numpang sholat di Furama, persinggahan pertama adalah makan siaaang ..kami lapaaar.. untungnya supir cukup bisa berbahasa Inggris jadi dia paham kami tidak makan pork. Jadi kami di bawa ke resto seafood ga jauh dari Furama. Masih di tepi pantai juga. Dan ternyata makan di resto seafood di sana mahal. Makan ber-9, cuma pesan ikan goreng (emang gede sih) udang sekilo, nasi putih, kelapa muda 8 biji, 1 jus jeruk kaleng, abis 2.5juta Dong. Sekitar Rp 1.5jt. Kalo di kita mah budget segitu udah macem-macem menunyaa.. Tapi yasudlah. Salah satu teman dosen yang jalan sendirian malah habis 850ribu Dong hanya makan ikan dan 1 menu lagi apa gitu lupa, dan ga pake nasi cuma ada roti yang agak keras gitu, katanya.

Kami lanjut ke Marble Mountain. Pertama kami dibawa ke toko yg menjual aneka pajangan dari batu pualam berukuran biasa sampai yg besaar..dan ada aksesoris juga. Tp gituan di kita jg banyak so sy cuma cuci mata. Dari toko itu kami tinggal nyebrang ke Marble Mountain, masuk dikenakan biaya 40ribu Dong , dan untuk naik ke atas bisa dengan tangga atau lift. Lucunya, untuk naik lift ada lagi biayanya 15ribu dong. Dan pas sampai di atas, kalau mau turun dengan lift kita mesti bayar 15ribu Dong lagi.. -_-*
Sayang kami ga lama di sini, cuma foto-foto aja ga eksplor sama sekali. Kalau sy sm suami atau temen yg biasa ngetrip bareng sih mungkin akan muter-muter lebih lama hehe..
Kuil di Marble Mountain
View begitu keluar lift yang naik (dan turunnya) kudu bayar 15ribu Dong sekali jalan,
padahal mah ga tinggi-tinggi amat jugaa..

Next stop, Hoi An. Sebelumnya sy sempat baca-baca blog orang dan Hoi An sepertinya salah satu destinasi yg direkomendasikan. Letaknya tidak jauh dari Marble Mountain, kurang dari setengah jam kemudian kami pun tiba. Kalau dilihat-lihat suasananya agak mirip daerah Jonker di Malaka, dengan deretan toko-toko di jalan yg diramaikan pejalan kaki, pesepeda dan pengendara sepeda motor. Asik juga. Sore itu cuaca panas banget dan kami pun ngaso di salah satu kafe di pojok jalan. Di situ pertama kalinya sy minum kopi yang diseduh dengan vietnam drip di tempat asalnya :).
Kurang lengkap ke Vietnam ga ngopi yg diseduh pake Vietnam drip. Nah di toko2 suvenir di Hoi An ini juga banyak yg jual dripper berbahan keramik lucu-lucu, bukan stainless steel kayak gini.

Awalnya kami mau langsung balik, tapi pas lihat ada keramaian pasar malam Hoi An, kami langsung nyangkut lagi :D. Dan menurut sy harga di sini lebih murah dibanding toko suvenir yg ada di pertokoan dekat pantai tempat kami menginap. Barangnya sama, mending beli di pasar malam ini, dan bisa ditawar juga.

Setelah dari pasar malam kami pun pulang dan akhirnyaaa sampai juga di hotel kami, namanya Sea Phoenix, sangat dekat dari Furama. Kamarnya bagus, bersih dan luas. Mengingat harga per malamnya cuma di kisaran Rp 400rb, menurut sy hotel ini cukup recommended.
Kamar kami di Sea Phoenix Hotel.

Tapii pas besoknya sarapan sy kurang hati-hati,,menunya didominasi ibab, pas sudah kemakan segigit dumpling baru nanya (pake Google translate di hp, bahasa Inggrisnya gua kaga ngarti ngomongnya kayak kumur-kumur), ternyata yg sy makan ada ibabnyaa..huaa...

Habis sarapan kami jalan kaki ke seminar di hotel Furama, dan terlihat kota ini bersih banget. Dari pas baru datang udah nyadar sih.. Trotoarnya lebar, taman-tamannya terawat..

Ke Ariyana Convention Center di Furama Hotel jalan kaki dari hotel kami.

Dan besoknya pagi-pagi sehabis subuh kami main ke pantai makin takjub, pantainya juga bersih bangeett...! Sekitar jam 6 kami keluar menuju pantai, sudah cukup ramai orang yg olahraga pagi, apalagi pas di pantai banyak yg berenang, joging dll dan itu rata-rata orang lokal bukan turis.. Dan pastinya kami diliatin, secara cuma kami yg ke pantai bajunya ketutup dari atas sampe sampe bawah X)..
Pantainya bersih bangett dan pagi-pagi sudah ada petugas kebersihan yang bawa-bawa sapu itu. Bapak-bapak yang tidur-tiduran di pasir ini ntahlah ngapain, pas sy lewat dia malah guling-guling di pasir :))

Di sela seminar kami sempat ngacir ke local market namanya Han Market yang agak mirip pasar Mayestik di Jakarta.. isinya di lantai bawah macem-macem ada makanan, kue, suvenir dll. Di lantai atas kebanyakan baju-baju, sepatu dll, dan ada juga bahan baju khas Vietnam yg bisa langsung dijahit dan selesai sekitar 1 jam. Di sini harus nawar, dan rata-rata penjualnya cukup paham bahasa Inggris tapi banyakan sih pake bahasa Tarzan sama kalkulator..tour guide kami ga menyarankan kami beli makanan utk oleh-oleh di sini. So setelah dari Han kami diantar ke tempat khusus oleh-oleh makanan, kopi, teh dll. Sebagian ada label halalnya, dan harga jg ga mahal (setelah sy bandingin sm di tempat lain).
Penjual di Han Market lumayan ramah tp ada jg yg agak judes dan sedikit pushy. Mending ga usah nawar-nawar kalau ga betul-betul niat mau beli.
Da Nang bisa dibilang komplit, ada sungai, pantai, dan bukit.
Foto ini adalah Dragon Bridge, diambil dari atas kapal waktu kami lagi Delegation Dinner di Tau Rong Song Han Restaurant. Ini seperti river cruise jadi makannya di atas kapal yang menyusuri sungai.

Nah satu hari sebelum pulang, kami ke Bana Hills. Sebetulnya ini tidak direncanakan sebelumnya, impulsif saja setelah cerita-cerita sama teman dosen lain yg sudah ke sana duluan dan booking trip di Klook.com. Sy pun akhirnya beli di Klook juga, rupanya memang lumayan lebih murah sih. Besok paginya kami dijemput dengan van, tapi mesti jemput-jemput tamu yg lain dulu baru berangkat ke Bana Hills.. -_-* Dan ada tamu cewe bule yg marah, krn dia blg dia book trip dr agennya dibilang cuma ber-12 sementara kami ada 25 hahaha. Tapi di situs Klook memang dibilangnya sekitar itu so kita sih fine-fine aja.
Ternyataaa Bana Hills ini bagi sy sih beyond my expectations. Sy kira highlight-nya cuma Golden Bridge, tp ternyata Cable Car nya oke, view pegunungan dari Cable Car bagus, taman-taman dan French Village nya jg baguuss *dan instagenic hahaa*.. Apalagi dibandingkan Colmar Tropical di KL, blaahh jauh banget).. Tapiii asli ramee banget, padahal itu pas weekdays..dan semua orang kayaknya berlomba untuk selfie. Oya di Bana Hills ada hotel Mercure, jadi kalau niat mungkin lebih baik bermalam di hotel itu saja supaya bisa menikmati tempatnya lebih leluasa, seperti yang diceritakan AnakJajan di sini.  Bana Hills ini luas, selain French Village, wax museum, di sana jg ada amusement park yg semua wahananya gratis krn sdh included di tiket masuk. Eh tapi untuk masuk wax museum harus bayar tiket lagi. Ya memang lumayan mahal jg sih, 700ribu Dong cuma untuk entrance fee tapi di Klook.com kami bayar sekitar  Rp 780ribuan sdh termasuk jemput-antar ke hotel dan paket makan buffet di  resto. Tapi ya gitu deh, pork everywhere. Dan tidak ketemu tempat solat jg (ya haloo what do you expect). Kalau baca review di Trip Advisor orang bule sih banyak yg kasih bad reviews, ya secara amusement park di sana pastinya jauh lebih niat dan keren yaa malah ada yang bandingin sama Disney..hahaha..  Ya ga sebanding lah. Tapi buat kita sih, untuk seru-seruan okee kokk..Agak ga nyangka di Vietnam ada tempat sebagus ini, sayang di kita belum ada yang kayak begini padahal potensial banget.
Inside the Cable Car.
Add caption
Sesungguhnya pengunjung rame betuul,,,Kudu sabaaar banget nunggu momen sepi begini tapi demi bosque aku pun sabar menanti lah :D

Golden Bridge yang dipadati turis yang berebut foto dengan selfie stick hahaa
French Village
R.A.M.E.
Abaikan pasangan yg pelukan di belakang sy, mentang-mentang cuaca di Bana Hills waktu itu berubah-ubah mulai dari sunny, cloudy dan foggy jadi agak romantis gimana gitu.. ^^

Ibu bos gemes banget katanya liat orang pake baju khas Vietnam seperti baju pink di foto ini. Jadi waktu kami lg ngopi di coffee shop ada ibu-ibu ini lg ngopi jg ternyata mereka turis Korea. Langsung sy sapa Anyeonghaseo! *Psstt itu baju2 dan topi yg mereka pake semuanya bisa dibeli di Han Market!

Jadi kesimpulannya hasil pengamatan sy selama di Da Nang, kotanya bersih, cukup nyaman, dan cukup tertata rapi. Lalu lintasnya memang agak semrawut sih tp *katanya* masih jauh lebih waras daripada di Ho Chi Minh. Selama di sana sy ga beli Simcard dan mengandalkan wifi, tp denger cerita teman kemarin dia beli simcard di bandara ga lama dipake langsung habis kuotanya..Lupa jg sih apa providernya. Trs sy bawa uang dollar (receh siyy ga banyak-banyak banget) krn katanya di sana susah tukar rupiah dan pastinya nilai tukarnya lebih rendah. Ibu bos tukar USD ke Vietnam Dong di airport pas baru dateng, dan ternyata nilai tukar di airport lebih tinggi dibanding pas sy tukar di money changer di kota. Bisa jg tarik dari ATM tp harus pertimbangkan juga biaya adm nya. Selama di sana sy ga pernah liat ada semacam angkot atau bis, tp Grab banyak kok.

Overall sy suka dengan kota ini. Cuma ada minusnya, yaitu kurang friendly buat turis muslim tapi masih bisalah disiasati. Ada kok halal resto, tapi kebanyakan makanan India. Malam terakhir kami ngeGrab dari hotel ke New Day Cafe masih di dekat pantai juga, dari situ menyusuri jalan. Di jalan ini ada beberapa toko suvenir, resto dan coffee shop, tapi ternyata harga barangnya jauh lebih mahal daripada yg kami beli di night market Hoi An.. Kalau mau beli oleh-oleh makanan memang mendingan ke minimarket saja, biasanya harga lokal kan bukan harga turis..Di jalan ini pun ada minimarket, dan banyak juga jajanan dan cemilan berlabel halal. Pulangnya kami jalan kaki mengarah balik ke hotel sambil cari makan, sampailah di depan resto seafood di sebelah hotel Balcona. Iseng masuk lihat menu ternyata ada pilihan lain selain seafood, seperti nasi goreng mi goreng, salad, sayur dll dan harganya masuk akal. Sy tanya apakah ada ibab atau minyak ibab, (pake google translate di hp pastinya), kata waiter tidak ada. Jadi kami makan dengan bahagia, semoga halal beneran. :))
Resto seafood ntah apa namanya di sebelah Hotel Balcona. Di resto lain, sistemnya kita pilih ikan/udang/kepiting dll dulu, lalu kita duduk sambil nunggu makanan dimasak, dan ga semua resto  ada menu sampingan seperti nasi goreng dll.
Tapi di resto ini *untungnya* ada.

Well, panjang juga yaaah... Semoga bisa bermanfaat, dan kalau ada yang kurang jelas silakan tinggalkan jejak di kolom komen. ;)