Kamis, 26 September 2013

Ngebolang di Bangkok

Kepergianku ke Bangkok kemarin diawali dengan kejadian yang kurang menyenangkan, so waktu mau pergi rasanya kurang semangat. Jadilah berangkat tanpa menyiapkan itinerary yang jelas. Padahal biasanya sih sebelum pergi, terutama ke tempat yang belum pernah kudatangi, aku lumayan banyak browsing dan menyusun rencana kira-kira mau pergi ke mana aja.

Tapiii,,,Alhamdulillah kepergian tanpa rencana yang pasti ini tidak mengecewakan sama sekali, malah melebihi ekspektasiku. Dan alhamdulillah banget aku ga mengalami kejadian tidak menyenangkan meskipun pas hari pertama jalan-jalan, aku betul-betul ngebolang sendirian. Padahal baru pertama kali itu ke Bangkok, hehehe...

Berikut highlights dari acara jalan-jalanku di Bangkok:

Cafe Tartine
Aku tahu tempat ini dari Tiger Air inflight magazine yang kubaca selama perjalanan dari Jakarta menuju Bangkok. Kebetulan ada artikel di majalah itu yang membahas tentang tempat-tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat sedang berada di Bangkok. Salah satunya tempat ini, dan pas aku lihat alamatnya, lah kok kayaknya dekat dari hotel tempat seminar. Atas nama penasaran, aku pun mencoba ke sana, berbekal google map dan tanya-tanya orang. :D

Dan ternyata memang dekat sekali! Walaupun sempat salah belok dan sedikit "nyasar", akhirnya ketemu juga. Untuk mencapai cafe ini, bisa naik BTS turun di Ploenchit station. Lokasinya di belakang Athenee residence. Kalau sudah ketemu jalan Soi Ruamrudee itu tinggal belok ke kiri sedikit, sampai deh! :)
Add caption
Menurut artikel di Tiger magazine, cafe yang sarat nuansa Prancis ini cukup terkenal akan kesegaran salad yang bisa dipesan sesuai keinginan dan dessert-nya yang enak. Tapi aku ga mencoba saladnya, karena aku masih kenyang. Jadi aku mencicipi dessert-nya aja, Lemon Meringue Tart, dan hot cappucino.

Seriously, this Lemon meringue tart is big..!Makan 1 potong aja kenyang banget ..

Selama aku duduk di sana sekitar 1 jam, pengunjungnya kebanyakan bule dan ada beberapa orang Prancis. Jadi ga berasa lagi di Bangkok hehehe. Sayangnya meski ada free wifi tapi koneksinya jelek.
Nice ambience. The coffee, good but not great. Prices are reasonable.
The selection of desserts.

Friendly staff, nice ambiance, tempting desserts, i would recommend this place but dont go for dinner because they close early at 8 pm.

Mal Platinum
Di Bangkok banyak sekali pusat perbelanjaan, modern ataupun tradisional. Platinum sering banget disebut-sebut mirip kayak ITC di Jakarta tapi lebih murah. Dan setelah aku lihat sendiri sepertinya aku harus setuju. Barang-barangnya (didominasi fashion for women) lucu-lucu banget dan harganya memang murah tapi harus nawar..Kalau beli grosir harganya lebih murah, makanya aku lihat banyak banget orang warawiri menyeret tas belanja plastik mirip koper, yang pastinya isinya akan dijual lagi (termasuk di online store yang beredar di Indonesia kayaknya hihihi). Ada yang bilang para penjaga toko di Platinum judes dan jutek, ga suka kalau barangnya cuma dilihat/dipegang tapi ga dibeli. Tapi untungnya waktu aku ke sana mereka baik-baik aja, tuh. Dan jangan kaget, lumayan banyak juga waria yang jaga toko... :))
Satu kekurangan mal ini adalah jaraknya yang cukup jauh dari BTS. Yang terdekat adalah Chidlom station tapi harus jalan kaki lagi dan cukup jauh juga jaraknya. Nah di sinilah pengalaman pertamaku naik ojek di Bangkok hahaha...Tukang ojeknya baik kok, naiknya di dekat stasiun Chidlom dan kena 30 B. Aku sudah coba tawar ojeknya tapi tarif terendah sekali naik sepertinya ya 30 B.
Oya i didnt take any pictures here but you can find it easily in the internet.

Jim Thompson Factory Sales Outlet
Jujur aku baru tahu ada merk ini dan ternyata cukup terkenal. Sebetulnya di majalah Tiger Airways itu juga ada rekomendasi ke Jim Thompson House. Tapi kupikir itu adalah galeri seni yang dinamai sesuai dengan nama seseorang pengusaha asal Amerika yang mengembangkan bisnis tekstil berbahan dasar sutra di Thailand. Ternyata selain aneka produk tekstil, Jim Thompson juga mengeluarkan produk seperti tas dengan berbagai model dan ukuran, mulai dari hand bag sampai dompet kecil dan aksesoris lainnya.
Nah jadi siang itu setelah makan siang di seminar, dosen-dosenku mulai menyusun rencana untuk pergi melihat-lihat tas. Tapi kami tidak pergi ke galeri, melainkan ke factory outlet-nya karena di situ harganya diskon meski tidak ada new arrival, bahkan mungkin beberapa sudah last season. Tapi ga masalah juga sih, motifnya lucu-lucu hehehe...Waktu di Don Mueang Airport ada outletnya, aku bandingkan tas yang kubeli selisih harganya cukup lumayan, sekitar 35%..;D
Don Mueang Airport with my new Jim Thompson bag :D *pamer :)))
 Factory sales outlet ini terletak di 153 Soi Sukhumvit 93, Bangchak, Phakanong. Bisa naik BTS, turun di Bangchak, tapi masih harus jalan kaki lagi dan cukup lumayan sih jaraknya. Kami sempat meragukan betul atau ga arah kami berjalan, karena kondisi jalannya kurang meyakinkan. Beberapa kali kami bertanya ke orang yang kebetulan ada di pinggir jalan, dan sepertinya semua orang tahu toko itu.
Outletnya ada 4 (atau 5 ya lupa) lantai. Lantai dasar menjual  bahan-bahan untuk sofa, taplak meja, dll. Di atas ada 1 lantai khusus menjual tas dan aksesoris lainnya.

Mah Boonkrong Mall (MBK)
Mall ini mungkin cocok untuk orang yang hanya punya waktu jalan-jalan singkat misalnya 1 hari saja, tapi harus beli oleh-oleh khas Thailand untuk orang di kampung halaman. Di lantai 6 cukup banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibeli dan harganya cukup murah, kok. Tapi untuk pakaian jauh lebih oke di Platinum kayaknya.
Selain itu, di mal ini ada musholanya, lho! Posisinya ada di lantai 6. Yang lebih asiknya lagi, di Food Court Fifth Avenue di lantai 5 ada beberapa pilihan makanan dengan label halal dengan rasa yang enak, meski harganya agak lebih mahal dibandingkan food court lantai 6. Jadi, sodaraku yang muslim ga perlu pusing cari makanan :)
Makanan Indonesia di 5th Avenue MBK

Nah, kalau capek atau mungkin bosan jalan-jalan di mall, berseberangan dengan MBK ada yang namanya Bangkok Art and Culture Center (BACC). Jadi kalau naik BTS turun di National Stadium station, ke kanan ke MBK, ke arah kiri ke BACC. Kalau orang yang serius ingin melihat pameran/karya seni sih mungkin ga terlalu puas ya karena karya yang dipajang masih relatif sedikit. Tapi ada kursi-kursi yang disediakan bagi pengunjung, jadi cukup nyaman lah untuk duduk-duduk melepas lelah hehehe...
Ada satu tempat ngopi yang direkomendasikan salah seorang yang aku follow di instagram, namanya Gallery Coffee Drip. Letaknya di BACC lantai 1. Menurutku sih, sang pemilik cukup serius menggarap kafenya. Waktu aku kesana, semua crew sibuk saking ramainya pelanggan.

Asiatique
Tempat ini menurutku agak mirip seperti Clarke Quay Riverside di Singapura. Letaknya di tepi sungai Chao Praya, ada restoran, kafe, kios-kios yang menjual aneka rupa barang, hingga tempat refleksi. Menyenangkan sih tempatnya...Barang-barang yang dijual juga menarik dan lucu-lucu..Tapi mencari makanan halal agak sulit di sini. Aku aja kemarin akhirnya makan di KFC -_-'
Ini tempat kita turun dari shuttle boat
Untuk mencapai tempat ini ada dua opsi. Naik taksi, atau alternatif yang lebih seru adalah naik sky train, turun di Saphan Taksin station, lalu jalan sedikit terus lanjut naik free shuttle boat service di Sathorn Pier. Aku ke sana dengan menggunakan cara kedua, tapi ternyata malam itu yang mengantri untuk naik shuttle boat ramai sekaliii dan kami mengantri cukup lama. Padahal hari sudah menunjukkan pukul 7 malam, dan seharian sudah wara-wiri jadi sebetulnya betis sudah cape banget. Kata teman yang ke sana hari sebelumnya sih, sore hari ga terlalu panjang antriannya. Menurut saranku, kalau mau ke sana sebaiknya pergi sejak  sore hari jadi masih bisa lihat pemandangan. Yaa walaupun sungainya coklat sih tapi kayaknya seru aja gitu.

Front side

Aku iseng brosing dan nemu blog ini yang mengulas Asiatique dengan cukup lengkap, plus banyak foto-fotonya. Silakan mampir.. :D

Nah sudah panjang banget nih ceritanya, tapi sebetulnya ya, bagian yang paling mengesankan buatku di Bangkok trip ini adalah pergi ke Grand Palace dan Chatuchak weekend market. Aku akan ceritakan di postingan selanjutnya yaaa...