Sabtu, 06 April 2013

A Memoir of KL Part II

Lanjutin postingan kemarin aahh... :)
Hmm...Kalau jalan-jalan ke KL mungkin kebanyakan orang rata-rata lebih memilih jalan-jalan ke Genting Highland, shopping di Bukit Bintang, atau ke KLCC ya. Tapi kami berempat ga ada yang tertarik ke Genting, dan percaya ga percaya selama di KL kami nyaris ga masuk mall sama sekali *which i regret when i got home hahaha*
Jadi waktu naik Hop-On Hop-Off City Tour Bus kami melewati beberapa bus stop, dan saat bis tiba di bus stop Istana Negara, kami pun turun. Rata-rata penumpang bis kami juga turun disini, mungkin sama-sama pingin lihat tempat tinggalnya Yang di-Pertuan Agong alias Raja Malaysia hehehe.  Dari hasil browsing di Google baru aku tahu bahwa istana yang aku kunjungi (pelatarannya) itu adalah istana baru, yang baru dibuka sekitar 2011 lalu. Megah dan amat sangat luas.
Pelataran Istana Negara. Istananya sendiri terletak di balik gerbang besar ini.

Cuaca panaass..Jidat jadi kinclong karena pantulan matahari :))
Kuda-kuda yang ditunggangi para pasukan dan penjaga ini sungguh gagah banget deh..:D
Hop-On Hop-Off Bus

Para pengunjung ga boleh memasuki area di dalam gerbang tapi kita bebas mau foto di pelataran, atau mau foto dengan penjaga (yang tegak berdiri seperti patung), terserah.
Nah, untuk keluar dari sini tampaknya ga ada pilihan lain selain menunggu "bas" selanjutnya. Dan lumayan lama juga nunggunya. Sementara bis belum datang, aku sempat ngobrol sama supir bis pariwisata yang sedang parkir, yang ternyata berasal dari Sulawesi. Dia bilang, di kampung halamannya dia termasuk orang yang kurang mampu, lalu mencari peruntungan di negeri jiran dan sekarang dia berhasil mengumpulkan banyak uang. Obrolan singkat yang cukup mampu membuatku termenung sesaat.


Jepretan suami dari atas Hop-On Hop-Off Bus
Dari Istana Negara, pemberhentian selanjutnya adalah Dataran Merdeka atau "Merdeka Square". 
Turis asik foto-foto di Merdeka Square

Dari hasil googling, Dataran Merdeka ini adalah tempat pertama kali bendera Malaysia dikibarkan menggantikan bendera Union Jack, menandakan kemerdekaan Malaysia dari penjajahan Inggris pada 31 Agustus 1957. Berjalan-jalan di daerah ini membuatku iri, kenapa negara kita ga bisa merawat dan mempertahankan bangunan bersejarah serapi dan sebagus ini. 
These pictures were taken when we strolled around Merdeka Square.
Di belakang kami adalah Bangunan Sultan Abdul Samad, sekarang Kementerian Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia
Di sekitar Merdeka Square ini banyak bangunan tua dengan arsitektur yang keren, asiklah kalau mau foto-foto disini. Sayangnya kami ga memasuki bangunan itu satu-persatu, cuma masuk ke KL City Gallery aja. It's free entrance, and we're allowed to take some pictures inside the gallery.

Kuala Lumpur City Gallery
 History of KL
Aku bukan penggemar museum, dan harus diakui yah kalau di negara kita museum cenderung membosankan dan terkesan apa adanya, kurang perawatan. Tapi galeri ini berbeda. Unfortunately we only took a quick glance. Di dalamnya ada sejarah Kuala Lumpur, buku-buku, dan koleksi miniatur yang dibuat dengan tangan dari bahan kayu (wood veneer), merknya ARCH. Ketelitian dan ketekunan yang dibutuhkan untuk membuat miniatur ini cukup membuatku terkesima. Ada juga berbagai merchandise yang bisa dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan untuk dipajang di rumah. :)
Miniature made of wood veneer, all handmade.  Cool..
Di belakang Liya itu bukan lukisan tapi handmade wood veneer mural. Keren..
Ga kerasa sudah lewat tengah hari dan kami mulai lapar. Sayangnya kami ketinggalan bis Hop-On Hop-Off, dan bis selanjutnya baru akan datang setiap setengah jam *kalau jalanan ga macet*. Besoknya baru kami sadar setelah lihat peta, bahwa Merdeka Square ini sangat dekat dengan hotel kami, bisa dicapai dengan jalan kaki! Duh tahu begitu mendingan kami jalan sedikit ke stasiun LRT Masjid Jamek daripada buang waktu kelamaan menunggu bis di halte :(

Next, lunch! Kami ke Bukit Bintang dan makan di restoran yang direkomendasikan seorang teman: Chee Meng Restoran, famous for their Hainanese Chicken Rice.
Setelah selesai santap siang, kami kemanaaa..? Ke Malaka. Gila, berasa ikut Amazing Race deh pokoknya. Tapi cerita tentang itu lanjut di postingan aja deh..:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar