Jumat, 02 Mei 2014

Tunggu Apa Lagi?

Hari ini Jumat, 2 Mei 2014.
Hari ini dua minggu yang lalu 18 April 2014, sekitar pukul 4 dini hari aku tiba di Madinah, bersama mamaku, uni Devi kakakku yang sulung, suamiku, dan rombongan umroh yang berangkat dengan travel Sari Ramada.
Ga bisa diungkapkan dengan kata-kata perasaanku saat itu, campur aduk semua jadi satu. Karena mepet, kami tak sempat ikut Subuh berjamaah di Masjid Nabawi. Jadi dari airport kami langsung ke hotel, istirahat sebentar sambil menunggu koper-koper, mandi lalu sarapan.
Pagi harinya setelah selesai sarapan pagi, semua peserta rombongan berkumpul untuk ziarah ke Rhaudah, makam Rasulullah (salamun alaik). Meskipun aku yakin tak satupun di antara kami yang sempat tidur setelah menempuh perjalanan panjang sekitar 9 jam dari Jakarta, rasanya semua tampak bersemangat.. Jemaah perempuan dipandu oleh muthawif bernama Maryam, berasal dari Indonesia namun menikah dengan orang Arab dan sekarang sudah pindah kewarganegaraan dan menetap di Mekkah. Jemaah laki-laki pergi bersama Ustad Dedi, ustad pendamping kami sejak berangkat dari Jakarta hingga tiba lagi di Jakarta.
Allahu Akbar,,,,begitu ramainya jemaah yang ingin mengunjungi makammu ya Rasulullah...Desak-desakan dan dorong-mendorong ga bisa dihindari.. Kita orang Asia yang umumnya bertubuh kecil harus betul-betul sigap nih di sini,, Ukuran tubuh kalah jauh dibandingkan perempuan-perempuan Arab yang rata-rata bertubuh besar hehehehe..Makanya masuk ke Rhaudah untuk jemaah perempuan memang diatur bergantian, ga seperti jemaah laki-laki yang semuanya saling berebutan untuk bisa mendekat dan shalat sunah di Rhaudah yang ditandai dengan karpet yang berwarna hijau.
Walaupun sudah diatur supaya masuk bergantian oleh para Ashkar yang keras (well, galak sih lebih tepatnya) tetap aja desak-desakan dan dorong-dorongan. Baru dateng sudah diuji kesabaran, kudu Lillahi Ta'ala walaupun pas shalat kedorong, sujud di kaki orang dengan posisi nyempil dan harus melipat tubuh kayak pemain sirkus, pas sujud kepala dilangkahin, sejadah tempat sujud dilewatin diinjek, dsb dsb sama orang Arab...Padahal biasanya kalo di kita kan ga gitu, boro-boro ngelangkahin kepala orang, mau lewat depan orang lagi shalat aja sebisa mungkin dihindari, lewatlah dari belakang..Dari sebelum pergi udah banyak denger cerita jadi lumayan sudah mempersiapkan diri untuk hal-hal kayak gini, kuncinya harus banyak-banyak istighfar dan ga boleh ngedumel. Maksudnya "orang Arab" di sini aku pukul rata aja sih, abisnya belum bisa juga bedain mana Iran, Pakistan, Turki, dll...Kayaknya mah sama-sama aja padahal sebetulnya ada ciri khasnya juga. Ya sama lah kayak jemaah Indonesia kan ketahuan banget dari ciri khasnya pakai mukena putih :D
Well anywaaaaay,,,kenapa jadi ngalor ngidul gini padahal ide awalnya nulis postingan ini bukan tentang cerita umrohnya,,Kalo soal itu mah panjaaang, bisa-bisa jadi cerbung ini hehehhe..Jadi sebenernya tuh aku mau cerita, setelah dari Rhaudah dan kita siap-siap mau ikut shalat Jumat, ada ibu-ibu yang sudah cukup berumur tergopoh-gopoh manggil aku dan uniku. Mungkin ibu itu mendengar kami ngobrol dengan bahasa Indonesia jadi dia bilang gini,,"Dari Jakarta ya? Lihat ga rombongan saya pake baju batik gini (sambil nunjuk bajunya)..Saya ni tersesat, lepas dari rombongan...Baru sampai Madinah semalam.." Kami tanya, ibu menginap di hotel apa,, travel agennya apa namanya, tadi masuk dari pintu berapa...Satu pun ga ada yang dia ingat. Name tag ga dipakai, gelang identitas seperti yang kami pakai pun ga ada. Gimana coba mau nolongnya? Akhirnya kami cuma bisa bantu menenangkannya sembari mengingatkannya untuk istighfar dan memohon pertolongan dari Allah. Wallahu alam, gimana nasib ibu itu.
Pas di Mekah kejadian lagi,,sepulangnya kami dari shalat Subuh di Masjidil Haram, kami lagi-lagi ditegur oleh bapak-bapak tua yang juga kesasar. Bapak itu baru sampai sehari sebelumnya dan juga lupa nama hotel tempat beliau menginap. Duh kasian banget,,
Ustad Dedi berulang kali mengingatkan kami untuk berusaha maksimal dalam beribadah selama berada di tanah suci. Boleh aja cuci mata belanja belanji jalan-jalan kesana kemari, tapi ibadah harus tetap jadi agenda utama. Sebisa mungkin shalat 5 waktu di masjid, kerjakan shalat-shalat sunat, membaca Quran, banyak-banyak berzikir, istighfar, bermunajat berdoa kepada Allah, dst.  
Dan selama di perjalanan, di atas bis, selama pengajian, Ustad Dedi juga banyak memberikan tausiyah. Aku ingat beliau bilang begini...
"Berapa banyak orang yang memiliki kesempatan, atau harta, atau bahkan kedua-duanya, tapi hatinya belum tergerak untuk pergi beribadah ke tanah suci.  Alangkah sayangnya.."
Allahu Akbar.. Terharu biruu
Ustad Dedi (tengah, berpeci) memimpin doa di depan Ka'bah menghadap Multazam selepas thawaf wada'...:")

Betul juga sih,,,bahkan di keluargaku pun banyak yang seperti itu. Mikirnya, nanti aja laahh,,,masih muda ini, ntar aja kalo udah tuaan kan udah mateng (mangga kalee mateng)...Sekarang masih belum siap, bla bla bla...Padahal kalau bisa, selagi muda itulah waktu yang paling nikmat..Mau nunggu siap sampai kapan? Tahu-tahu rambut sudah memutih, ga kuat lagi jalan jauh, kemana-mana harus pakai kursi roda, sudah mulai pikun, mulai sakit-sakitan, dan lebih rentan nyasar,,,kayak ibu dan bapak yang tadi aku ceritakan. Lain halnya kalau sudah dari muda berniat pergi tapi baru dikasih kesempatan sama Allah waktu sudah berumur, yaa mungkin sudah takdir dan ketentuan dari Allah ... Dan kita kan juga ga tahu sampai kapan hayat dikandung badan. Iya kalau dikasih Allah umur panjang...Kalau ngga? 😐😣😢
Kalau memang hati belum tergerak, semoga Allah beri hidayah dan melembutkan hati-hati yang keras..Allah Maha membolak-balikkan hati manusia kok..😊
Buat yang sudah merasa terpanggil, yakinlah Allah pasti akan tunjukkan jalan untuk bisa berangkat..Seperti ceritaku di sini, aku juga ga menyangka bisa tiba-tiba pergi umroh...Dulu waktu SMP tahun 94 sebetulnya pernah juga aku mendapat kesempatan berangkat,, tapi yahh mungkin karena masih belum begitu ngerti jadi cuma berasa kayak jalan-jalan aja.
Dan sahabatku Herlin pernah bilang, banyak-banyak "caper" sama Allah..perbanyak doa biar dilapangkan rezeki, sempurnakan ibadah wajib dan perbanyak ibadah sunah. Boleh ditiru tuh sahabatku yang satu itu..😍 Oya satu lagi,, perbanyak sedekah..Semua juga masih jadi peer buat aku..
Bener kata uniku, nikmatnya pergi ke Tanah Suci tuh jauuuh lebih nikmat daripada berlibur ke luar negeri, ke negara manapun deh ...*kayak udah keliling dunia aja ya gueh, hehehhe* Eh tapi bener deh, nikmat dan senengnya umroh tuh banyak banget. Ibadah iya, jalan-jalan iya, walaupun duit abis tapi hati tenang karena yakin pasti diganti lagi sama Allah,, dan bisa dapat teman baru yang seperti saudara..Alhamdulillah teman-teman satu rombongan sebanyak 47 orang kemarin cukup kompak, malah bisa dibilang kompak banget..Saling jaga, saling bantu..Ya yang cuek-cuek dikit ada lah namanya orang 1001 macam tapi ga jadi masalah..
Dapat teman satu rombongan yang menyenangkan itu rezeki :D

Ya memang ga ada salahnya juga kalau mau liburan dan jalan-jalan ke yurop gituhh,,(my next bucket list: Turkey and Japan, amin ya Rabb!) .. Nahh,,,malah kalau bisa kayak salah seorang jemaah yang aku temui di meja makan restoran hotel saat makan siang...Bapak itu pergi umroh dengan istrinya, sehabis dari Mekah langsung nyambung jalan-jalan ke Turki dan Maroko. Tahun lalu mereka umroh ambil paket umroh + europe trip.. Why not? Asal luruskan niat pas umroh betul-betul untuk ibadah..Setiap perjalanan adalah personal dan bisa juga  spiritual, menjadi cara untuk mengagungkan Allah dengan mengagumi keindahan ciptaanNya..
Jadi,,,ortu kaya, atau tabungan udah banyak, rumah dan mobil udah punya, tapi masih ragu mau umroh?

TUNGGU APA LAGI?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar