Selasa, 19 Februari 2013

Menggilas Jalanan Palembang

Sudah hampir 3 tahun saya menetap di kota ini. Sampe sekarang, masih aja kesulitan untuk bisa memahami cara orang sini bawa kendaraan di jalan. 
Jamin deh, pendatang baru terutama yang berasal dari Jakarta dan terbiasa bawa kendaraan -entah mobil atau motor-, pasti merasa kaget waktu awal-awal bawa kendaraan di sini.

Pertama, kebanyakan orang Palembang sering banget bawa kendaraan dengan kecepatan rendah di JALUR KANAN. It's so stressful. Ga ngerti apa ya, kalo mau jalan pelan tuh di kiri, helooww..Di Jakarta, orang kayak gitu pasti udah dihujani teriakan klakson sama kendaraan di belakangnya supaya minggir. Kalo orang sini ga ngaruh! Pernah suatu kali pagi-pagi ketemu orang kayak gitu, diklakson, dia malah kasih gerakan dengan tangannya yang mengisyaratkan mobilku aja yang minggir nyalip dia! Hebat kan..? Hahahah (-_-')

Terus, pada dasarnya orang sini emang sukanya bawa mobil pelan-pelan. Orang di Jakarta kan terbiasa sigap yah bawa mobil, berpacu dengan waktu dan kemacetan gitu loh. Kalo orang sini mah santai,,lazy sunday driver lah rata-rata. Padahal di luar negeri, bukan mobil yang ngebut aja yang bisa ditilang, yang jalannya terlalu pelan juga. Kan ada aturannya kecepatan minimal dan maksimal di jalan tapi di sini ya gitu deh. 

Kalo masalah nerobos lampu merah sih dimana-mana sama yah. Heran juga sih, susah banget kayaknya nunggu berapa detik doang. Apa dengan beberapa detik itu bisa membuat sampe tujuan 1 jam lebih cepat?? Taat sama rambu lalu lintas itu salah satu cara kita menghargai diri sendiri juga sih, menunjukkan kalo kita tuh bukan orang primitif yang masih tinggal di hutan tanpa kenal aturan. Lah kalo nonton NatGeo, orang di hutan aja ada adat budaya kok masa kita yang tinggal di kota lebih bar-bar?

Satu hal lagi yang bikin saya emosi tingkat tinggi disini biasanya soal parkir. Bukan sekali dua kali nemu orang yang dengan sangat pintarnya parkir mobil merugikan orang lain. Bayangin, mal di akhir pekan kan rame banget tuh biasanya. Ntar ada aja nih orang yang markir mobilnya terlalu jauh sama mobil sebelah, sehingga yang harusnya bisa untuk 3 mobil jadi cuma bisa muat untuk 2 mobil. UGHH..! 

Menurutku sih, negara maju bukan ditandai dengan penduduknya yang mampu beli kendaraan mewah atau mahal. Tapi, gimana ketertiban dan kedisiplinannya saat berkendara di jalan. Ga usah jauh-jauh yah, coba aja liat negara tetangga. Di sana, pejalan kaki aja dihormati banget haknya. Kalo di jalan besar kita emang ga bisa nyebrang jalan sembarangan, tapi kalo mau nyebrang di jalan kecil dan pas ada mobil, mobil itu pasti berhenti dulu. Setelah kita nyebrang baru dia jalan lagi. Kalo disini, orang bisa nyebrang karena nunggu jalanan sepi dulu, atau pas lampu merah. Amat jarang mobil mau berhenti buat ngasih jalan orang nyebrang, seolah-olah ngasih jalan tuh haram hukumnya, yang penting gue dulu lewat. 

Well i'm not a perfect driver nor a saint, pernah juga khilaf dan melanggar aturan. Tapi untungnya pasangan hidup saya adalah orang yang bisa kasih contoh baik. Salah satu prinsipnya yang beda sama orang kebanyakan: "Lampu kuning itu tandanya harus nginjek rem, bukan malah nginjek gas!" Haha, that's one of million other reasons that makes me love him. ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar