Minggu, 17 Maret 2013

Finally meet the dolphins..!

As i told earlier, in the first visit to Kiluan i wasn't lucky enough to encounter the dolphins in the sea. 
So me and my husband went back to Kiluan on November 2012, and we finally did see dolphins..!

Kunjungan kedua ke Kiluan ini aku pergi hanya berdua dengan suami, masih menggunakan jasa @KiluanDolphin (KD) seperti saat pertama kali. Biasanya kami senang "berpetualang" ramai-ramai dengan teman but it didn't matter too much because to me, my husband is my best travel mate. He is enough to make our journey fun and memorable, wherever the destination was. 
Sama seperti pertama kali ke Kiluan, kami ke Bandar Lampung dengan mobil travel. Tapi bagian yang menarik dari suatu perjalanan adalah, kita bisa bertemu orang-orang baru. Atau mungkin teman lama yang ga sengaja ketemu. Dan itu terjadi di trip kali ini. Ternyata pada saat yang sama, ada teman dari Palembang yang juga pergi ke Kiluan tapi dia membawa mobil pribadi langsung ke Kiluan dan tidak menggunakan jasa transportasi dari KD. Terus disana juga kami berkenalan dengan rombongan lain. Memang dunia itu sempit, ternyata salah satu dari rombongan itu adalah adik dari teman masa kecilku di Pusri dulu. Dan ternyata sama-sama sudah jadi dokter gigi! Hehehe..Jadilah selama di sana kami hampir selalu bareng, dan jadi ada teman ngobrol yang seru. Obrolan juga nyambung, karena banyak teman yang sama-sama kami kenal.

Bertemu teman baru tapi serasa sudah kenal sejak lama :)

Sore diisi dengan snorkeling tapi kali itu aku cuma ada di dalam air mungkin ga lebih dari 15 menit. :( Waktu itu kami coba eksplor sebelah kanan dermaga, tapi ternyata lagi banyak ubur-ubur yang bisa menyengat dan bikin kita jadi gatal-gatal. Suami betul-betul sempat tersengat, untungnya cuma sedikit. Akhirnya kami cuma dayung-dayung sampan saja lah. Malamnya seperti biasa ada barbekyu. Ikannya besar! 

 
Dermaga di dekat pondok sekarang sudah lebih asik. Bagian ujung itu baru dibuat, pas banget untuk duduk-duduk menanti sunset & mancing :D

Pagi hari saat kami akan berangkat tur dolphin naik perahu Jukung, aku bersemangat dan pastinya berdoa supaya kali ini kami bisa ketemu lumba-lumba. Kami pergi saat long weekend, tamu KD saat itu mencapai 30 orang lebih dan tenda-tenda bertebaran. Jadi yang pergi tur dolphin pagi itu cukup banyak, ntah berapa jukung yang berangkat. Saat tur dolphin pertama dulu, ombaknya lagi tinggi..! Ditambah bengong terombang-ambing di tengah laut tanpa terlihat seekor pun lumba-lumba, aku jadi jackpot deh. Nah kali ini supaya ga mabuk laut lagi aku minum antimo setengah butir. 
Ga berapa lama berperahu di tengah laut dengan jukung lain yang berjarak tak jauh dari kami, ABK yang membawa jukung kami mempercepat laju perahu. Daaaan tak lama kemudian ada banyaaak sekawanan lumba-lumba berenang berloncatan tak jauh dari jukung kami...! Aku, suamiku, dan salah seorang teman kami sontak berteriak kegirangan. Dan tak cuma sekali, ada banyak sekali kawanan lumba-lumba lain yang bermunculan di sekitar kami. Bahkan ada juga yang loncat jumpalitan, seolah-olah tahu mereka sedang jadi pusat perhatian. Seperti pertunjukan yang disutradarai Yang Maha Kuasa, menyaksikannya betul-betul membangkitkan perasaan yang luar biasa. Teriakan-teriakan senang juga terdengar dari tamu yang naik perahu lain. Alhamdulillah, doaku terkabul :)


Cukup sulit untuk mengambil gambar yang bagus, mereka berenang cepat sekali..!


Masih ada sedikit tips yang mau aku share tentang Kiluan..Sebaiknya tidak kesana saat long weekend, karena pengunjungnya bisa ramai sekali dan privacy kita jadi jauh berkurang. Biaya yang dikenakan oleh KD per orang memang relatif amat sangat terjangkau, tapi ternyata terasa kekurangannya. Orang-orang KD memang sangat helpful dan informatif tapi kita dibiarkan mengeksplor sendiri keindahan alam Kiluan. Maybe because they were outnumbered, too many guests in the same time. But overall it was a pleasant trip, and most likely we will visit Kiluan again. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar